Tutorial Fantasi | Menggambar Peta Dunia Versi Sci-Fi

Allright, guys. Rohaluss back, dan sekarang aku akan melanjutkan tutorial fantasi yang lebih WOW, lebih ASIK, dan lebih modern dengan Sci-Fi map tutorial!

Memang membuat peta Sci-fi itu agak sulit. Aku juga ngerasa. Tenang aja, tapi aku buat versi yang sedikit lebih mudah. Walau, secara teknis dan informatis (?) lebih mudah medieval style.

Cara pertama ini menggunakan garis kontur dan editing yang cukup banyak. Tidak disarankan untuk kisah medieval dan orang-orang yang asing dengan aplikasi pengolah gambar.


Bahan yang kalian butuhkan :

Kertas (2 lembar), Alat Tulis dan Scanner / Pen Tablet

Komputer/laptop/netbook/apapun yang bisa kalian pakai.

Aplikasi Menggambar (Aku menggunakan Paint Tool SAI dalam tutorial ini)

Photoshop (Aku pakai CS3)


STEP 1

Desain dunia kalian sedemikian rupa. Oke, aku tahu aku malas, dan aku tidak menggunakan scanner. Tapi kurang lebih, catat dan buatlah dimana gunung dan dataran lain. You'll need it.

STEP 2

Kalau kalian menggunakan kertas, taruh kertas baru di rancanganmu. Mulailah menggambar garis kontur ketinggian pantai. Lalu, berikutnya ke dataran rendah dan dataran tinggi.

Hard to explain, tapi biar kuingatkan, jangan menggunakan pulpen terlebih dahulu. Cobalah menggunakan pensil dan jangan takut untuk menggunakan penghapus.

Aku menggunakan Paint Tool SAI, dan aku menurunkan opacity layer rancangan dan mulai menggambar.

STEP 3

Baik, kamu telah selesai menggambar garis kontur. Sekarang masalahnya ada banyak : Gunung jadi tergores, dan tidak ada ruang untuk membuat gunung! Hell yeah.

Inilah permasalahan utama dari menggambar versi Sci-fi. Kalian harus berpikir secara 3 dimensi. Dan... itu sulit. Aku berpikir ini sulit.

Well, let's get back to our games. Buatlah gunung dengan membuat garis kontur lain.

It looks simple, right?


STEP 4

Dengan vector layer, tebalkan gambarmu dengan warna yang kalian mau. Biasanya hijau, tapi karena aku mau warna biru, oke. Biru.

Kalian bisa memberi variasi tebal garis. Cobalah bereksperien!


STEP 5 [Optional]

Garis-garis-garis! Supaya kelihatan digital, sih. Yaudah, ini optional, da.

Untuk ini, aku membuat 2 layer garis. 5px dengan opacity 100% dan 20px opacity 50%

Selanjutnya, convert gambar ini dalam bentuk .psd (Sai punya kemampuan seperti itu. Ketik saja [nama file].psd saat menge-save gambar)

Buka photoshop dan kita siap membuat peta ini sempurna.

Step 6

Dengan text tool, buat tulisan nama-nama daerah.

NOTE : Sangat penting untuk tidak menggunakan tulisan imut (seperti Comic Sains) di sini.

Tapi kalau kalian mau lebih...

Step 7 Optional
Gunakan Shapes seperti dibawah :
Lalu klik Fx, Outer glow dengan setting disamping...

Komentar

Postingan Populer