Referensi Kisah Detektif [Part 2]

Hello, everybody! Jumpa lagi dengan Rohaluss, dimana petualangan... eh, salah. Ini Detektif, jadi... dimana penyelidikan dimulai dan kecurigaan sebagai pemimpinmu. Oh, itu juga salah. Hm...

Anyway, Rohaluss kembali, dan kali ini akan memberikan sumber-sumber bagus untuk novel pembunuhan (lagi?)

Kali ini, plus tentang pencurian. Keren, bukan? Hore!!

-----------------------------------------------------------------------------------------------
Ini salah satu website yang menjelaskan tentang 10 racun paling mematikan di dunia [LINK]

Jenis-jenis pistol [LINK]

-----------------------------------------------------------------------------------------------
(p.s. Aku enggak mau repost. Kalaupun iya, aku translate sendiri dan enggak pakai translator. Kalau kalian ingin tahu yang lain atau mau berbagi, comment bellow. And, yes, I don't know one of them)


PEMBUNUHAN DI RUANG TERTUTUP

Something small, and fun. Kasus pembunuhan di ruang tertutup yang...

*coughcoughastaganagabagaimanaiamelakukannyacough*

Sesuatu yang mengerikan sekaligus menyenangkan untuk dilakukan. Sebagai penulis, kamu harus bisa membuat penjahat ada di dalam dan keluar tanpa jejak. Atau juga dengan jejak, supaya detektif itu tahu caranya.

Tidak ada cara spesifik tentang membuat pembunuhan di ruang tertutup. (Benarkah?!) Yang perlu kamu lakukan hanya membuat sebuah pembunuhan yang terlihat mustahil dengan trik sederhana. Disarankan untuk membaca komik Conan, membaca Agatha Christie/Conan Doyle mystery, atau juga, karena banyaknya penulis novel lain, tanya aja satu-satu bukunya. (Eeeh?!)

Oh, tapi buku And There Were None, Agatha Christie, adalah salah satu pembunuhan ruang tertutup yang keren. 10 orang terjebak di dalam sebuah pulau tak berpenghuni dan...

Bam. Aku enggak mau ngasih spoiler.

Note : Kasus pembunuhan ruang tertutup bisa juga dipindah menjadi : Orang tenggelam tergeletak di pantai tanpa jejak kaki sama sekali. Mayat tergeletak di dataran salju tanpa jejak di sekelilingnya sama sekali.


Pembunuhan yang di Waktu (Tik-tok)

Biar kupercepat (takut kepanjangan, nih)

1. Pendarahan ringan. Manusia bisa mati kekurangan darah jika tubuhnya terluka, dan itu fakta. Gak usah dijelasin lagi. Tapi kalau sekedar goresan, plis, deh. Tergantung besar lukanya, sang korban bisa mati dalam selang waktu - katakanlah - sepuluh menit sampai satu jam setelah terluka. Masalahnya, korban bisa mencari bantuan selama selang waktu, jadi pikirkan dua kali.

2. Racun. Dengan takaran yang pas, pembunuhan bisa di-waktu dengan ini. Sebut saja, sang pelaku berencana membunuh korban dalam waktu satu jam setelah diracuni supaya dia bisa pergi ke luar negri.

3. Kehilangan organ dalam. Manusia hanya bisa hidup 3 menit setelah paru-paru tak berfungsi. Jika paru-paru ditembak, korban akan mati dalam... em, entahlah. Kalau tidak salah, 15-30 menit. Pembunuhan ini sangatlah sadis, menurutku.

4. BONUS! Apa kalian tahu jika kaki kalian diikat dan kalian digantung terbalik, dalam 30 menit kalian akan mati karena tekanan darah di otak? Darah akan menetes dari mata, hidung, lubang telinga dan... mulut...

Penjelasan lebih spesifik dari digantung terbalik : Otakmu akan kesulitan memompa darah ke jantung lagi (proses pengantaran oksigen ke seluruh tubuh, ingat? Pelajari lagi di kelas 8-9... lupa saya). Darahmu akan terkumpul terlalu banyak di otak. Secara teknis, otakmu tenggelam oleh darahmu sendiri. Kamu akan merasa kepalamu terangkat, terlalu ringan karena pusing. Oksigen di darah dalam kepala menjadi sangat minim, padahal kau membutuhkannya. Ada yang bilang, kamu akan mati setelah 15-30 menit karena hal tersebut.


PENCURIAN

a. Rumah

Mencuri di rumah memang bukan kasus yang mengerikan. Biasanya dilakukan oleh orang kismin (Miskin red.) yang terjerat hutang atau semacamnya. Tapi, kasusnya akan berbeda saat rumah miliyuner yang dicuri. Seperti 'kotak warisan yang hilang' atau semacamnya? Atau sebuah liontin biasa, berisi data sebuah virus mematikan di dunia? Apapun itu, sebuah pencurian memiliki makna yang menyenangkan dan menegangkan di mata pembaca.

Oh, secara pribadi, aku suka Hickory Dickory Dock dari Agatha Christie.

Berbeda dengan pencurian di museum atau di tempat umum (yang akan aku bahas berikutnya), rumah tidak memiliki penjagaan ketat namun memiliki banyak saksi.

Kamu bisa membuat banyak kasus pencurian di rumah, namun pastikan bahwa sang detektif memiliki kepentingan untuk masuk ke dalam kasus sederhana (?) ini.

   Berikut ini sistem keamanan rumah berserta kelemahannya :
a. CCTV. Biasanya yang digunakan di rumah tidak berfungsi setelah lampu mati. Pencuri/pelaku bisa saja menyusup ke dalam setelah memutuskan aliran listrik, memperhitungkan waktunya, dan... bam. Selesai!

b. Kunci rumah. Asal kalian tahu saja, kunci bisa dibuka paksa dengan (kalau kamu jenius) jepit rambut dan obeng. Bahkan ada tutorialnya di YouTube. Mau coba buka kunci rumah pake kartu kredit?

Beritahu aku jika kamu punya hal lain yang perlu diketahui soal kelemahan penjagaan di rumah. Oh, ya. Kalian juga bisa mengunci kamar tanpa kunci, membuat CCTV di kamar sendiri, dan hal-hal kecil yang membuat adikmu tidak bisa masuk ke dalam kamar.


b. Museum

WARNING : Ini hal yang mengerikan. Kau tahu, kamu butuh rencana matang. Beberapa CCTV di museum memiliki baterai yang memungkinkan CCTV menyala selama enam sampai delapan jam. Butuh banyak perencanaan dalam hal seperti ini.

Coba cari referensi keamanan tempat-tempat umum. Jangan lupa, beberapa tempat memiliki keamanan dengan sinar laser. Dan gelap? Nightvision bisa membuat blurry, tapi enggak menyembunyikan. Tergantung museum yang dicuri, silahkan bereksperimen!

okay, that's it for today. hope you enjoy. Thanks a lot!

Komentar

  1. "Mayat tergeletak di dataran salju tanpa jejak di sekelilingnya sama sekali."
    Kayaknya ini di Conan ya? Dimana proses pembunuhannya pake tali kalo ga salah...
    -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaaaa... kok tau siiih?

      Aku ngambil contoh dari yang aku tau :D. Kepala aku ngadat bikin contoh baru... Harusnya aku nulis sumber, tapi takut dicap spoiler...

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer