Watch Out!! Kesalahan Terbesar Saat Ber-Fantasi [Part 1] (Tips Menulis Lagi!)

Hei-Holla! I Returned from the deepest fantasy!

Tapi sekarang, tutorialnya sedikit berganti format. Enggak ngerti apa bedanya? Sama. Aku juga.

Sekarang aku menulis sedikit... er... Tips. Tips tulisan fantasi yang aneh. Semua orang pasti sudah tahu tips dasar (Loe bilang ini dasar?!!) yang akan kutulis. Siapa tahu kalian lupa, aku ingin para penulis fantasi tidak melakukan hal dibawah ini.

Catat : TIDAK melakukan hal ini. Udah dikasih capslock, underline, bold, italic... kurang apa lagi, coba?


1. Plot yang... entah kenapa, terbaca karena sangat... FLAT.

Jangan memberikan pembacamu plot yang bener-bener kebaca. Maksudku, Beneran??? Kebaca? Ini mungkin sedikit harus direvisi. Terbaca - maksudku disini adalah... bener-bener enggak ada elemen 'interest point'. Ceritanya datar.

Hanya menceritakan kehidupan.

tanpa 'Problem' yang harus dihadapi.

Super Flat.

Akhirnya pasti begini. (Atau enggak akan jauh-jauh dari apa yang dipikirkan pembaca, dah)

Enggak ada kejutannya sama sekali.

Yah... Gitu, deh. LANJUT!


2. Karakter Yang Supeeer... yah, salah.

Oke! siapa yang jatuh cinta sama karakter novel? Berlebihan. Yah, siapa yang suka karakter? Karakter paling sering disorot KEDUA setelah duniamu. Maka dari itu... kalian harus tahu karakter apa saja yang tidak dianggap benar di dunia manapun. Ya, bahkan dunia Fantasi sekalipun!


a. Anime-Based Character (-2 sampai -15 point)

Kalian boleh membuat karakter anime di komik, tapi ada yang salah saat karakter tersebut masuk dunia novel. Setidaknya dalam beberapa hal, seperti 'Lucu, kecil, ceroboh dan harus selalu ditolong'. Selain karena dia karakter yang mudah ditebak (Baca poin pertama sekali lagi), dia juga tidak lucu di dalam novel.

Sedikit ralat : Tidak masalah memiliki satu-dua karakter seperti itu kalau kalian ingin membuat adegan konyol dan lelucon di sela-sela novelmu. Apalagi kalau terlalu banyak adegan pertarungan itu membutuhkan seorang Ice-Breaker.

Tapi Awas : Berlebihan berakibat fatal.


b. Super Perfect Character (-10 sampai -500 poin)

Dia cantik, sempurna, kaya, dan kuat sampai-sampai tidak ada seorangpun di dunia bisa mengalahkannya. Dia sebenarnya setengah vampir, tapi dia juga setengah peri, setengah naga, setengah (masukkan 100 elemen lagi), dan dia bisa menjatuhkan hati semua pria dan wanita.

Sangat luar biasa. dan juga sangat mengerikan. Karakter ini bisa mengurangi nilai ceritamu dengan sangat dramatis. Apalagi kalau anda menuliskan : Dia tidak memiliki kelemahan, dan dia manis apapun yang ia lakukan.

Bonus : Nama yang aneh menambah poin tersebut dari skala -1 sampai -5. Contoh : Preety Irish. Bella Angel. (Note : Bella artinya cantik, Angel artinya malaikat)


c. Super Emo Character (-1 sampai -20 poin)

Dia memiliki wajah pucat, rambut hitam panjang, dan sebenarnya sangat cantik. Sangat misterius. Dia selalu datang saat orang-orang membicarakannya dan hanya melotot atau mendengus saat mendengar ejekan. Kehidupannya suram. Dia terlihat lemah karena tubuhnya yang kurus, tapi dia memiliki kekuatan tersebunyi.

Skalanya pengurangannya memang rendah, kecuali kalau kalian bisa membuatkan background story untuknya. Yah, background story mengurangi kekurangan setiap karakter!


d. Super 'Mindless' Evil Character (-1 sampai -10 poin)

Dia jahat. sangat jahat. Maksudku, dia jahat tanpa alasan. Mencoba membunuh tokoh utama tanpa alasan. Yah, mungkin alasannya karena dia psikopat, tapi itu bukan alasan yang tepat untuk membuat karakter. 'Balas dendam' dan 'Kebencian' terdengar lebih baik.


Oke... Karena ini sudah terlalu panjang... Sampai jumpa di part 2!

Komentar

  1. Kak, kalo karakternya nyaris Mary Sue tapi punya satu kelemahan fatal, boleh gak buat greget effect?

    #maaf kalau gaje

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nnnnn....nope. sebenarnya intisari dari Mary Sue adalah.... banyak. Banyak faktor yang bikin karakter disebut mary sue. Contohnya itu Zeira di Zeira and the World of Magic (FantasTeen). Kalau kamu mau tahu, coba ketik Mary Sue Test yang bisa ditemukan di Google Search.

      Terima kasih sudah berkomentar, sayang!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer