Referensi : Batas Tubuh Manusia dalam Kondisi Tertentu


1. SUHU TUBUH
Saat suhu tubuh manusia mencapai 42derajat celcius, tubuh tidak dapat melakukan usaha untuk tetap homeostasis lagi dan berakibat fatal. Hayo, SMA yang tahu apa itu Homeostasis. Yang belum, selamat belajar IPA *wink*

2. AIR DINGIN
Air menyerap panas tubuh. Orang normal enggak akan bertahan di air yang suhunya 4-5 derajat celcius. (4.44444... untuk spesifiknya dan notasi... sekitar 4.443 derajat celcius ke bawah) Paling lama, mereka akan bertahan selama 30 menit.

3. UDARA PANAS
Di bangunan yang terbakar atau tambang yang dalam, orang dewasa bisa bertahan selama 10 menit (148.889 celcius... Uh, sekitar 149 derajat lah). Yah, anak kecil sih bakal mati di dalam mobil dengan suhu 48.888 derajat.. UH, 49 DERAJAT CELCIUS DAH.

5. KETINGGIAN
Orang enggak akan bertahan di ketinggian 4572 meter di atas permukaan laut. Walaupun, ya, orang gunung bisa beradaptasi dengan volume paru-paru yang lebih besar dan Hemoglobin yang jauh lebih banyak daripada orang yang tinggal di pesisir pantai. ORANG GUNUNG FTW!!!

6. KELAPARAN
Orang bisa bertahan kelaparan selama 45 hari. Maksimal. Kehilangan berat badan sebanyak 30% akan berakibat kematian langsung. Tapi biasanya mereka mati karena penyakit duluan sebelum sempat mati karena kelaparan.

7. MENYELAM
Tanpa peralatan khusus, orang bakal mati setelah 2 menit kelelep (18 menter-an). Maksimal, seorang penyelam bebas bisa mencapai 282 ft sebelum pingsan, atau sekitar 86 meter.

8. KEKURANGAN OKSIGEN
Maksimal sekitar 11 menit. Namun, orang biasa akan pingsan pada 2 menit.

9. KEHABISAN DARAH
Kehilangan 30%, orang masih bisa sadar dan selamat. Kehilangan sebanyak 40%, berarti harus segera transfusi darah!

10. DEHIDRASI
7 Hari. Kalian pasti tahu kalau kalian suka mantengin survival fantasy.

Oke, segitu aja.
Dadah~~

Komentar

  1. Balasan
    1. Omg, yes, so true :v
      Why Fahrenheits.
      Why?

      WHYYYYY?!!!

      Hapus
  2. THANKSS INFONYA :)
    Aku punya chara yg mudah kehabisan oksigen, dan selama ini aku bingung berapa lama bisa bertahan. Dan kamu kasih tahu, makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya, tiap orang beda.

      Aku kadang ngerasa orang-orang di kota short-breathed pas olahraga. Biasanya aku buruk banget dalam olahraga, sampai aku bersekolah di Bandung :v

      Atau aku yang rutin olahraga?

      ...Mmmm....

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer