Hiatus yang Tak Terumumkan (Mencari Penerus Tulisan Imajinasi)

Hore, masuk ITB.


Blog tercecer tanpa pengumuman, Ehe. Bagi pengikut, saya minta maaf, dan menyempatkan menulis ini sekaligus salam buat kalian semua. Masih semangat nulis? Pastinya. Semangat berkarya jangan sampai padam tiba-tiba.


Sayangnya saya datang membawa dua berita buruk, satu pengumuman penting, dan satu berita baik. Kita mulai dari berita buruk terlebih dahulu: tentang keyakinan dan pondasi Tulisan Imajinasi yang bergeser.


Aku tidak yakin masih bisa menolong penulis remaja indonesia sekarang. Pertama, karena saya sudah hampir menginjak 20 tahun. Saya tidak bisa merangkum tutorial dan disederhanakan supaya mudah dibaca remaja lagi karena - Yah - saya takut saya terlalu tua untuk hal ini! Pandangan dan pengalaman saya mungkin sudah tidak relavan dengan kalian semua yang datang untuk dibantu.


Apakah kalian masih menerima tips dari orang yang terlalu tua seperti saya? Ehe. Mungkin saya butuh masukan juga bagaimana sebaiknya saya menghadapi Tulisan Imajinasi ini.


Saya sempat berpikir untuk mencari sampel dan co-author untuk Tulisan Imajinasi. Harapannya sih yang bisa saya kontak lewat Discord atau LINE, tapi yang terpenting adalah ingin tahu dan bisa kritik soal penyederhanaan yang akan saya berikan. Kalian bisa komentar di bawah, atau kalau mau nama kalian dijaga pribadi, kalian bisa kirim e-mail dan saya akan kirim tautan supaya kalian bisa bergabung.


Satu berita buruk, satu berita biasa, saya mau balik lagi ke berita buruk. Saya sakit. Entah kenapa badan saya sudah tidak mendengar perintah saya. Sering capek juga. Jadi saya minta maaf karena dua tahun terakhir saya hiatus dan gak ada pengumuman ya sama sekali.


Now to the best part:


Saya akan membuat blog yang didedikasikan untuk menganalisis tulisan anak dan remaja - sampel spesifiknya FantasTeen dan Wattpad. Saya akan memasukkan tautan bila artikel sudah mencapai sepuluh tulisan. Stay tuned. Semoga saya masih bisa relatable membantu kalian dengan blog didedikasikan khusus untuk kritik tersebut.


Terakhir, masih berita baik kok.


Blog ini tetap update berdasarkan request. Request lama tentu bakal saya hapus (maaf!) dan saya hanya menerima yang relatable dalam kurun waktu mingguan.


And that's it! Happy writing, dan maaf hiatus gak ada pengumuman UwU


Happy New Year and have a good day!

Komentar

  1. Ah, halo. Mungkin aku baru di sini dan gak bisa ngucapin banyak kata selain terima kasih telah menuliskan semua ini. Maaf baru menemukan blog ini di sela deadline menulisku, karena sedang riset kebetulan nyasar dan ya ... aku menulis ini. Kupikir nggak masalah umur berapapun. Well, kita kayaknya seumuran juga (^ム^)

    Dan ya, kupikir sudah kucatat baik-baik dalam buku untuk kembali lagi ke sini. Aku suka tulisannya, serius. Terima kasih. Semoga cepat sehat. Apapun yang terjadi nanti, aku menunggu lanjutannya. Selamat juga sudah masuk ITB. Sampai jumpa dan ... ya, salam kenal (*^^*) /ini telat


    Regards



    Ren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo juga, Ren. Semoga tulisan ini bisa memudahkanmu juga. Sama-sama, dan saya tidak menyarankan menggunakan tulisan saya saja sebagai referensi. Emphasis on 'just'. Ndak baik loh menggunakan satu hal sebagai sumber hehe.

      Terima kasih atas support-nya. Mungkin suatu hari kita bisa bertemu. Sampai jumpa. Salam kenal kembali.

      Salam
      Main Admin Alia Rohaluss

      Hapus
  2. boleh nanya nggak

    bisa kah novel di tulis berdasarkan POV setiap tokoh yang ada
    ya ... aku tahu ini konyol
    tapi apakah bisa? (memungkinkan?)

    dan bagaimana menggabarkan situasi dan lokasi dalam suatu cerita.

    itu aja sekian terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, Blok!

      Sebenarnya konsep seperti itu tidaklah baru di dunia menulis. Saya lupa judul, tapi bukankah Rick Riordan pernah mengganti POV per bab dalam salah satu novelnya? Yang penting konsistensi. Kapan POV berubah dan apa yang kamu ubah dalam pembawaan dan intonasinya.

      Soal menggambarkan situasi dan lokasi, itu agak panjang. Saya yakin saya pernah menulis tutorial ini sebelumnya. Bilamana masih belum ditemukan, kontak IG saya ada @rohaluss dan kalau lebih nyaman lewat Discord atau LINE, pertama-tama silahkan kirimi saya email (tertera di tab About Author)

      Salam
      Main Admin Alia Rohaluss

      Hapus
  3. Hmm,, baru tau blog ini update lgi..
    jadinya ini hiatus sampe ada yang nerusin kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih demikian. Saya juga tidak yakin bisa menemukan pengganti. Alvy bukan penganti yang baik, dan saya sendiri tidak bisa aktif terlalu sering.

      Terima kasih sudah membaca.

      Head Admin Alia Rohaluss

      Hapus
  4. Sekarang lagi menggali file di lepi sebelum dijual, ternyata saya nemu kopasan artikel menulis fantasi yang semuanya dari sini. Semua artikel yang berhubungan dengan fantasi saya copas dan file lumayan tebal. pas buka, jadi teringat blog ini lagi deh.

    Tapi tenang min, hasil copasan saya cuma buat asupan pribadi.

    Kalau boleh minta kontak sosmed atau email gitu. Sepertinya file kopasan tadi cukup bagus kalau saya bagi ke teman-teman (kalau anda mengizinkan sih). Jadi saya pikir bakal lebih enak kalau kita bisa ngobrol sejenak dulu.

    Kalau ada yang ingin dibicarakan, kontak saja di : (FB) https://www.facebook.com/renaldyhaen

    Atau email : renaldihadinugroho2@gmail.com

    Makasih banget loh, artikelnya sangat bermanfaat. Jadi pengen banget ngobrol sama yang bikin 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Renaldy

      Saya senang tulisan saya membantu, tapi seandainya bisa, bisakah tolong berikan temanmu tautan menuju blog ini? Saya sedang mengecek arus lintas dan melihat tutorial mana yang paling sering ditengok supaya menjadi masukan bagi saya.

      Apabila kamu memilih untuk memberikan salinan blog ini dalam bentuk PDF, saya tidak bisa mendapat masukan untuk melanjutkan blog ini.

      Terima kasih

      Salam
      Head Admin Alia Rohaluss

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer