Worldbuilding : Menciptakan Dunia Fantasi part 1

PEMBUKAAN :

Banyak yang mengeluh bahwa menciptakan dunia fantasi itu sulit. Sekedar membuat dunia atau satu kota yang sesuai dengan tema dan kehidupan karakter... atau kalian ingin membuat konflik luar yang berhubungan dengan dunia, atau menciptakan tradisi yang menarik untuk dibaca?

Tapi itu semua tidak cukup. Jangan lupa bahwa ada 'kemasukakalan' dalam membangun sebuah dunia. Termasuk dari mana mereka mendapat makanan dan kenapa cuaca tidak masalah bagi mereka.

FYI, kalau kalian SMA dan masuk jurusan IPS, kalian takkan asing dalam menciptakan dunia dan keanekaragaman tradisi. Tapi bagi anak IPA, selamat. Kalian bisa menjelaskan vegetasi dan keanekaragaman hayati. *JustSayin'...*

Kembali ke topik utama. Karena ini bukan tutorial Sci-Fi (Tadinya mau ngasih tahu peredaran planet, ciri-ciri planet yang bisa ditinggali dan warna matahari yang tidak berbahaya), jadi maaf, bagian ini dipotong dulu, ya...

Kita disini membentuk latar dari dunia. Kalian bisa mulai dari mana saja, bisa dari skema kota atau... kusarankan ya dari sini dulu.

Langsung saja kita ke : Bioma


Apa itu bioma?
Pelajaran IPA berstandar IPS *somplak*. Guru biologi di kelasku mengatakan bahwa Bioma adalah kumpulan spesies yang tinggal di tempat tertentu di bumi, dicirikan oleh vegetasi tertentu yang dominan.

Tapi di Worldbuilding kali ini, Bioma adalah latar dari dunia/kota yang akan kau ciptakan. Apakah bioma yang digunakan adalah Bioma Tundra, dimana karaktermu kesulitan mendapat sayur mayur atau gurun yang kesulitan mencari air? Hutan Hujan Tropis yang lembab dan menyenangkan atau Insidious Forest yang cerah dan banyak musim?

Possibilities are endless.


Jenis-Jenis Bioma
Berikut adalah ciri-ciri bioma dari situs ilmu biologi : Ini sumber dan lebih lengkap. Saya merangkum dan menyesuaikannya.


1. Bioma Tundra
Bayangkan tempat berbatu yang ditumbuhi lumut, alga, dan sedikit rumput. Yap. Itulah tundra. Tundra, dalam dunia nyata, terdapat di Greenland dan kutub.

  - Kondisi Cuaca dan Kehidupan Singkat
Suhu normal di sana rata-rata -6 sampai -12 derajat celsius. Yap. Hampir semua permukaan tundra dilapisi es. Hanya sedikit tumbuhan yang tumbuh di sana karena... kau tahu, permukaannya bukan tanah. Batu. Tapi bukan berarti karena tidak ada produsen, maka tidak ada binatang. Ox, kambing gunung, burung... dan binatang kutub lainnya seperti beruang kutub, rubah putih, dan lainnya tinggal di sana.

  - Bagaimana Manusia bertahan hidup?
Tentu saja, makanan nabati langka disini. Mereka memakan singa laut mentah dan ikan. Kadang mereka berburu untuk mengambil kulit hewan yang hangat. Mungkin ada beberapa tumbuhan kecil seperti lumut yang dapat dimakan, tapi aku tidak tahu soal itu.

  - Keadaan Tanah dan Datarannya
Fermafrost - tanah beku yang berasal dari tumbuhan mati mirip batuan... ah, salah. Gila, aku lupa liat kamus!!

Dataran di sana rata-rata gunung, glester, dan padang lumut. Adakah sungai di sana? Ada, tapi tidak mengalir. Beku.

  - Saran
Konflik : buruan langka, hipotemia, kelaparan, badai salju, dan lain-lain. Kematian tiba-tiba akibat suhu juga bisa, tapi tidak disarankan karena sistem adaptasi manusia tidak selemah itu.


2. Bioma Gurun
Tidak ada yang asing soal bioma gurun. Bayangkan gurun gobi. Yaudah. Selesai.

  - Penjelasan Singkat Keadaan Musim dan Cuaca
Hal tersulit dari hidup di bioma gurun adalah tentang sumber mata air dan suhu. Suhu di gurun sangat panas di siang hari dan sangat dingin di malam hari. Mereka butuh baju yang menutupi tubuh dari sengatan matahari dan dinginnya angin malam. Curah hujan tipis membuat tempat ini semakin sulit ditinggali.

Hewan kecil seringkali tinggal disini karena ukuran tubuh membuat air tidak keluar dari tubuh mereka. Kecuali unta yang dapat menyimpan air dan nutrisi di punuknya. Itu beda kasus! Tumbuhan di sini tumbuh dengan cepat saat terkena air, sebelum tanah menjadi kering kembali. Atau, mereka memiliki mekanisme menumbuhkan akar guna mencari air, sehingga mereka terlihat seperti tumbuh dengan sangat lambat...

  - Hidup di Gurun
Sebelum ditemukannya perkotaan, orang-orang di gurun hidup berpindah-pindah, berdagang menjadi merchant atau menetap di sekitar oasis. Aku bisa saja menyebutkan bahwa bukti sejarahnya adalah perdagangan di zaman nabi, tapi mengingat bahwa pembaca di tempat ini bisa jadi non-islam, silahkan cari sendiri jawabannya. (Yap. Aku malas. Kenapa?)

Ada beberapa penduduk menetap yang mengembala biri-biri dan berternak unta. Ada juga yang berkebun kurma atau zaitun. Yah, sesuaikan saja dengan dunia kalian...

  - Tanah dan Sumber Air
Banyak sekali bentuk dari gunung pasir, sehingga aku tidak bisa menjelaskan semuanya. Tapi tidak semua gurun itu berpasir. Walau jarang, ada gurun dengan kondisi berbatu seperti Tundra tanpa salju dan lumut.

FYI, Ada banyak sumber air di gurun Sahara, seperti sungai nil. Tapi walau begitu, dari sekitar 20 oasis berisi air di Sahara, hanya ada satu yang aman diminum... just sayin. Sana buat rancangan gurun pasir di duniamu sendiri.


3. Insidious Forest a.k.a Hutan Hujan Gugur
[Edit : Upseeeh... harusnya Deciduous. Thanks to comment from : Kainat bellow XD ]

Hutan hujan gugur memiliki imej yang paling mendekati saat kata 'hutan' terdengar. Aku tidak menemukan cara hidup disini, tapi kalian bisa perkirakan sendiri.

Hutan hujan gugur terletak di luar garis khatulistiwa, yang berarti hutan ini beradaptasi pada 4 musim. Hutan ini juga dibagi menjadi lima daerah :

1. Pohon tinggi Tree Stratum Zone : Dimana pohon dari ukuran 60-100 kaki tumbuh.
    Jenis tumbuhan : Oak, Elm, Beech, maple, Chestnut Hickory, Walnut, Liden, Sweet Gum

2. Pohon Kecil Sapling Zone : Pohon muda tumbuh di sini

3. Daerah Semak-semak Shrub Zone : tempat semak-semak tumbuh

4. Herb Zone : Tempat dimana herbs tumbuh. Obat-obatan nih...

5. Daerah bertanah ground Zone : tempat tumbuh lumut dan alga.

Rata-rata suhu disini sekitar 10 derajat celcious, tapi karena tempat ini memiliki 4 musim... yah, silahkan.


4. Hutan Hujan Tropis
Dijelasin jangan, ya? Oh, kita ada di daerah bioma hutan hujan tropis. Kalian bisa mendapat gambaran dengan cepat.

Tapi biar ada sedikit tambahan, udara di sini sangat lembab. Pohon berlomba-lomba cepat tinggi supaya mendapat nutrisi. Yah,...beneran gak usah dijelasin banyak-banyak...



Oke, udah banyak... itu yang populernya udah ditulis di atas.

Nanti dilanjut di minggu berikutnya!

Komentar

  1. bah,.. ngakak pas bagian perbedaan anak IPA dan IPS xD dan emang baru kerasa banget perbedaannya pas SMA xD dan tugas2 kurikul baru itu ... 0-0 terlalu wow

    muahaha... entah mengapa ngeliat tulisan kamu kayak gini, jadi kangen biologi xD

    "...dan warna matahari yang tidak berbahaya". ah, aku takut salah kaprah nih o_o. karena di kata2 sebelumnya kamu bilang "ciri-ciri planet yang bisa di tinggali" jadinya aku pikir kata "matahari" itu lebih baik aku ganti jadi "bintang".
    aku malah mikir kayak gini "berarti ada matahari dan solar system lain yang bener2 mirip+bintangnya dinamakan 'matahari' juga dong?" xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngakak? Aku ngomong serius itu... -_- Salah kaprah kalian semua. Aku bener-bener ngerasain gimana bedanya. Sumpah. Dan, aku setuju banget. Kurikulum baru itu terlalu WOW. Gila.

      Kangen biologi? Kamu anak IPS? Wah... *wah aja deh*

      Soalnya orang-orang bilangnya matahari, kan? Lagipula ada orang yang menganggap matahari dan bintang itu beda *padahal sama*... yah, gimana kalau aku ganti jadi pusat tata surya aja?

      What the hell... you can find almost every typo I type...

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *hening*

      Gua kebanyakan nonton film hantu kayaknya :v Maaf, ya. Bakal diralat, kok!

      * Malu-maluin diri sendiri banget -_-" *

      Hapus
    2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  3. Jurusan IPS sama IPAnya itu di kuliah atau SMA yah? Just asking.......[anak bodoh sorri]

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer