Pemaparan Genre Horror: Gak Cuma Hantu Doang!


Bagan di atas menunjukkan pembagian genre Horror.


GORE AND DISTURBING


Toture (Penyiksaan)

  Salah satu genre novel yang enggak saya sarankan untuk kalian para remaja dan... uh... penulis pada umumnya. Sori aja, Indonesia gak akan sanggup menerima cerita ini. Setidaknya, setelah kasus pemerkosaan yang marak di Indonesia pada tahun 2016 ini... nope. Just... no.

  Toture horror adalah anak langsung dari Gore and Disturbing genre. Orang disiksa. Dipukul. Tujuannya? Mati perlahan. Apapun. Entah kamu menulis sebagai pelaku yang melakukannya atau kamu korbannya yang mencari celah untuk kabur... good luck. Tapi tolong tunggu tahun depan.


Splatter (Slight Psychological)

  Splatter horror berfokus pada lemahnya tubuh manusia. Cincangan tubuh? Kepala terputar ke belakang karena jatuh atau kecelakaan mobil? Oh, atau luka yang terbuka karena pedang menyayat tubuh? Yeah, that kind of horror. Biasanya, pelakunya punya masalah di otaknya... makanya agak berbau psychological. Lagian, perlu ilmu untuk mmbuat orang ketakutan.


Cannibal

  You are what you eat. Jadi kalau kamu makan manusia, apa kamu manusia? Mungkin. Mungkin juga tidak. Cannibal horror berfokus pada kanibalisme. Orang makan orang. Jelas? Jelas. Oke, lanjut!


Extreme

  Gabungkan semua genre di atas, tambahkan sedikit aroma psychological untuk rasa takut, korban dan pelaku... voilla! Ya enggak lah. Tapi soal gabungan semua di atas, itu mendekati.


PSYCHOLOGICAL HORROR


Phobia and Isolation

  Fobia dan kekangan adalah sesuatu yang ditakuti manusia. Kenapa tidak digunakan untuk menakuti pembaca? Fobia dan kekangan bisa jadi inti dari cerita kamu juga, dan hei, siapa tahu, ada pembaca yang punya fobia yang sama dengan karaktermu dan kejang-kejang pas baca...

Hahaha! Em... aku bercanda.


Fanaticism

   Fanatikisme adalah genre menyangkut agama yang taken to a whole new level. Kasusnya mirip gini, "TUHAN BUTUH SESEMBAHAN! Bunuh orang yang lewat!! Graaah!!!"



Madness and Paranoia (Slight Killer Horror)

   Pikiran manusia selalu menjadi misteri bagi kita... ketakutan dan manusia gila datang untuk menerkam kalian. Dan percaya atau tidak, ketakutan kadang tidak beralasan dan orang gila tidak punya motif jelas...


KILLER


Slasher

   Slasher genre melibatkan banyak kejar-kejaran dan bunuh-bunuhan. Biasanya remaja yang jadi korban.


Crime and Giallo (Slight Psychological Horror)

   Pembunuhan biasanya melibatkan polisi, em, ya. Yang membedakannya dengan Crimefiction biasa apa? Crime and Giallo melibatkan pembunuhan dengan cara terkeji yang bisa kau bayangkan.


Backwoods and Redneck

   Apa jadinya kalau kamu menggabungkan sekelompok pembunuh, orang gila, dan kanibalisme dalam satu cerita? Boom. Backwoods and Redneck adalah genre nonoficial. Dinamai begitu karena mitos yang berkata orang-orang pinggiran (Backwoods) adalah orang gila kanibal yang makan penjelajah yang lewat.


Home Invasion (Crossover with Psychological Horror)

   Rumah kamu dirampok! Dia bawa katana! Woah!! Sembunyi, telepon polisi-- sialan, dia mematikan listriknya!! Home Invasion mengajak pembaca untuk ketakutan terjebak di rumahnya sendiri.



MONSTER




Zombie


  Resident Evil, Last of Us... game dan film-film ternama mengambil tema ini karena... Lu juga bakal panik kalau dikejar ratusan orang gila yang berusaha makan daging kamu. Good catch? Kalian bisa bunuh mereka tanpa perasaan bersalah. Mereka, sudah pasti, telah mati sejak lama, bukan? Ada dua sebab zombie berkeliaran di permukaan bumi.

  -Virus
  Manusia kadang sialan dan malah bikin virus penghancur dunia. Kan... kan sialan banget. Yang disalahin orang IPA.

  -Mayat Hidup
  With no apparent reasons, atau karena ada sihir aneh yang membangkitkan manusia, legenda yang tiba-tiba jadi nyata... mayat hidup kembali dan menyerang manusia.


Vampire

   Tapi kalau seandainya kamu nulis vampire yang kirakira di bawah cahaya matahari, saya gampar kamu.Vampir adalah makhluk immortal penghisap darah yang mati kalau ditusuk kayu di dadanya. Sensitif terhadap matahari, dia memainkan perannya di malam hari.


Werewolf

   Si Serigala Jadi-jadian ini bisa menyeramkan... but wait. Fanfiction sialan. Twilight bikin mereka jadi lelucon. Just... go search em in your mbahgugel.


Classic and Mythological

   Dewi-dewa mengerikan? Hantu di belakang rumah? Pocong? Heck yeah, meskipun pocong gak termasuk mitologi indonesia, dia masih hantu klasik. Sana ngerayap ke Ratu Laut Selatan...


Neo-Monster

    Monster satu ini gak bisa masuk kategori monster manapun. Neo-Monster adalah monster ciptaan yang 'baru'. Penulis bebas membuatnya, dan... ya, namanya juga bebas sih.



Animals and Nature


  Pernah mimpi digerogotin kucing sampai tinggal tulang? Ya, kadang binatang itu mengerikan. Makanya jangan lupa dikasih makan. Oke, kucing kadang nyeremin, jadi kita cari binatang yang lebih kecil lagi... Pernah mimpi digerogotin belatung pelan-pelan? Mungkin kamu keburu mati, tapi kudengar itu menyenangkan. Pertama kamu muntah karena ngeliat badan kamu pelan-pelan habis, tapi kalau udah biasa, it's hella fun.


Giant Monster

   Because regular sized animal is not creepy enough, buat monsternya segede menara tertinggi di kota kamu.


Small Creatures

   Masih kurang serem? Oke. KECILIN. Apa lagi yang lebih menyeramkan daripada melawan hal kecil, tak terlihat, yang sulit kamu pegang?


Aliens (Slight Paranormal)

   Ah, makhluk ruang angkasa sialan yang suka nyulik orang...



PARANORMAL




Ghosts and Spirits


   Hantu dan Roh bersemayam di sekeliling kamu. Mau itu mengikuti atau nongkrong di satu titik, mereka bisa jadi ancaman kalau seandainya diganggu.


Haunted House

   Rumah kamu... yah... ada yang ninggalin. Enggak, bukan keluargamu. Yang gak punya badan... oke, ralat. Yang badannya masih ada tapi di lantai tiga, lagi membusuk...


Possession

   Kerasukan bisa bikin segalanya... em... berubah?


Devils, Demons and Hell (Slight Monster)

   Hei, kapan lagi kalian mau manggil setan dari dasar neraka? Sekarang aja! Kalau ada yang mati, yaudah, resiko tanggung sendiri!


Witches and Occult

    Penyihir... butuh darah untuk hidup abadi. Atau daging lezat anak-anak yang tersesat di hutan? It's your choice, but make it wisely... Penyihir dan Kultis adalah genre yang bisa dipelintir jadi Fairytale, juga untuk memicu ketakutan.


Supernatural

    Hal-hal gaib yang aneh mengelilingimu! Supernatural terdiri dari dua kata; Super yang berarti melewati dan Natura artinya normal. Hal-hal aneh yang tidak bisa dijelaskan dengan ilmu ditaruh di sini.



OTHER GENRE




Comedy Horror


  Siapa bilang horror dan komedi tidak bisa digabungkan jadi satu? Penulis indonesia banyak juga yang mengambil genre ini, meskipun yang dominan adalah komedinya. (Dan saking dominannya, gak serem sama sekali...)


Sci-Fi Horror

   Well. Titles said everything


Horror Romance

   Wait, HORROR + ROMANCE?! Yep. That thing exist. Untuk lihat contoh, cek Warm Bodies (itu film sih...) dan juga The Lovely Bones



Creepy Kid


   Anak-anak mengerikan udah terlalu mainstream, saking mainstreamnya dia jadi genre yang berdiri sendiri...



Gothic Horror


    Gothic adalah genre yang melibatkan romance, rumah berhantu, pembunuhan secara brutal, misteri, pemanggilan arwah, setan.... dan lain-lain. Dan horror... em... ya, jadi titik tengahnya.



Body Horror


    Because gore is not enough, Body Horror adalah jenis horror yang melibatkan tubuh yang dirusak. Membusuk, dicincang sampai gak berbentuk, dimutilasi, dan lain-lain...

Komentar

  1. Waw, thanks banget ya infonya. Ngebantu banget (^_^)/

    Tapi abis baca ini aku jadi bingung, kan itu artinya di genre horor kita harus bisa membuat karakter ketakutan (yaiyalah) terus gimana bikin tokoh hero kita ketakutan? Kan secara dianya hero di cerita kita. Tolong berikan pencerahannya (*-*)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada satu tutorial yang sebenarnya belum saya perbaiki ._.

      http://rohaluss.blogspot.com/2015/10/horror-menakut-takuti-pembaca-11-tips.html

      There <3 Abaikan translatannya yang buruk karena saya enggak pake Mbah Gugel. Jadi makin jelek deh :v

      Hapus
  2. Gak ngerti yg sci-fi horror. Contohnya dong, buu..klo horor indo mah lucu sih lucu tpi bnyk juga hal2 anehnya. Kecuali suzanna yg main. Ampe skarang gk berani.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Film yang alien-nya ngebunuh orang, dikepung oleh ruang hampa udara dan satu-satunya jalan untuk tetap hidup beresiko tinggi menyebabkan ledakkan dan kematian semua orang...

      hm... I'm not a fan of films, but that should explain, right?

      Hapus
  3. kalau thriller dak masuk ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh yang aku tahu, itu tingkatan. CMIIW

      Creepy -> Horror -> Thriller

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer