Pelayan Kaum Ningrat : Victorian Era [Part 1(?)]

"Pokoknya gua mau punya butler di rumah karakter utama gue yang beneran orkay pisan,"

Yeah, tapi KAMU TAU APA SOAL BUTLER dan kawan-kawannya?!


Welp. Saatnya ngetranslate website yang satu ini -> [LINK] dan memberikan kalian sedikit pemahaman dan... uh... keradagajean dalam membaca sebuah referensi. Because you can't expect anything from Rohie!

Mungkin kalian agak bingung dengan karakter yang kayak si Ciel Phantomhive yang punya One Hell of a Butler. Atau pernah nonton cerita yang punya pelayan di tiap sudut rumah. Atau yang lainnya lah. Pokoknya kamu mau tau ada apa di dalam rumah mahal nan indah itu.

Fear not, saya punya solusehnya. Berikut adalah macam-macam pelayan yang berkerja di bawah kaki-tangan seorang Ningrat di Era Victoria. (Yang lebih nyaman baca pake bahasa inggris, link sudah disediakan kok.)

Untuk sekedar catatan: Gaji pertama adalah gaji yang diterima mereka pada tahun 1890, sementara bayaran kedua adalah konversi ke dollar, setelah menghitung besarnya inflasi pada tahun 2005. Bayaran mereka bervariasi dari penampilan (wajah penting? IYA, DI ERA KAYAK GINI wajah beneran penting), skill, besarnya rumah yang mereka layani dan keahlian mereka.


STAFF PROFESSIONAL


1. Pengurus Tanah (Land Steward)
Bertugas mengurus tanah, perkebunan, mengambil biaya sewa dan membuat estate yang ditinggali dapat menghasilkan duit. Orang ini tidak berkerja sebagai pelayan. Kedudukannya bahkan lebih atas daripada Pengacara Pribadi Keluarga. Dia memiliki skill, pendidikan terlatih dan nama keluarga yang baik. Dia dibayar sekitar 100-300 poundsterling (e.s 11.000-33.000$ pada 2005), dan karena perkerjaannya yang penting dia punya rumah pribadi di area estate.

2. Pengurus Rumah (House Steward)
Bertugas mencari, membeli, membayar gaji dan membayar staff atas. Dia bukan pelayan, dan dianggap seorang pekerja dengan kedudukan setara Pengacara. Dibayar sekitar 50-100 pounsterling per tahun (e.s 5.500-11.000$ pada 2005)


STAFF ATAS


1. Butler
Kepala para pelayan estate. Biasanya handsome (ohok, gua bercanda bang). Tapi kalau rumah bangsawannya kecil, biasanya dia juga makanin tugasnya House Steward. Em... terus dia juga sering dapet bonus dari penjualan barang-barang seperti hasil perkebunan dan lainnya. Dibayar sekitar 40-60 poundsterling per tahun (e.s 4.300-6400$ di tahun 2005)

2. Housekeeper
Orang yang merawat dan membersihkan perabot di rumah. Dia juga mengkepalai uh... pelayan-pelayan cewek di sana. Bayarannya 5-10 pounds kurang daripada Butler (e.s 3.700-5.400 pertahun)

3. Chef/Cook atau Koki
Orang yang bertugas masak buat keluarga ningrat... uh... ya. Tapi karena koki juga bertugas untuk membuat tamu terkesan (which is very important doe), bayarannya lebih tinggi dari Butler walaupun dalam hirarki dia lebih rendah. Koki di rumah yang biasa mungkin cuma dibayar 30 pounds (e.s 3.200$), tapi di keluarga kerajaan koki bisa dibayar sampai 300 dollar (e.s 33.000$)

4. Lady's Maid/Valet
Perkerjaan mereka biasanya sebagai asisten pribadi seorang ningrat. Hal itu mencakup; sebagai Serketaris, orang pertama yang membantu mengenakan pakaian, menemani perkerjaannya dan lain-lain. Bedanya, dia disewa dan dibayar langsung oleh sang ningrat, bukan sama Butler atau House Steward. Dibayar 20-30 pounds (2.100-3.200$ per taun)


STAFF BIASA... uh... STAFF BAWAH


1. First Footman
Orang pertama yang langsung turun tangan kalau butler gak ada. Perkerjaannya adalah menjadi orang tinggi, handsome af, dan menjadi wajah yang menampilkan kearifan dan kecantikan rumah tersebut. Uh... so yeah. Dia harus menemani para Ningrat dalam berjalan-jalan, menemani shopping, membantu jamuan makan malam, dan menolong Butler dalam perkerjaannya. Perkerjaan Footman tidak menggunakan otot, jadi perkerjaan mengangkat batu bara dan air diserahkan pada pelayan wanita di rumah tersebut.

Bayaran mereka tergantung wajah ganteng dan tinggi tubuh. Berkisar sekitar 30 poundsterling (3.200$), ditambah tip dari Lady di sana (biasanya berupa hadiah dan barang) tergantung kehebatan mereka.

2. Second Footman
Sama kayak First Footman, cuma lebih dianggap murid. 25 pounds (2.700$) pertahun. Bayarannya bakal lebih kalau Second dan First Footman kayak sepasang kekasih anak kembar, mirip satu sama lain, pas dan sesuai. Get it? Okay, moving on cutie.

3. Head Nurse (Kepala Perawat... not literally)
Orang yang memimpin... eng... mengkepalai (?) dalam hal-hal mengurus anak. Meskipun mereka mengurus anak, biasanya Nurses di sini umurnya masih 12-14 tahun. Kepala perawat dibayar 25 pounds per tahun (2700$)

4. Footman
...Jadi, Footman emang ada banyak. Footman tambahan buat membukakan pintu, menemani para wanita ningrat dan membantu para pria bangsawan. 20 pounds (2.100$) per tahun.

5. Chamber Maid
Bertugas membereskan tempat tidur.

6. Parlour Maid
Bertugas membereskan ruang duduk, ruang kerja, ruang tengah... dan lain-lain

7. House Maid
Eh, terserah mau ngapain.General worker.

8. Between Maid
Kerja antara membereskan ruangan dan mencuci piring.

9. Nurse
Bertugas merawat dan membesarkan anak-anak di rumah bangsawan. 15 pounds tergantung umur dan kemampuan (1.100-1.600$ pertahun)

10. Under Cook
Bawahannya koki. Lagi belajar. Tugasnya menyiapkan makan malam untuk staff dan pengurus rumah. Suatu saat, dia pasti bisa jadi koki~ Bayarannya 15 pounds (1.600$) per tahun

11. Kitchen Maid
Tugasnya membantu di dapur.

12. Scullery Maid
Tugasnya mencuci piring.

13. Laundry Maid
Perkirakan saja sendiri. Mulai males saya.

14. Page/ Tea boy
Calon Footman. Umurnya 10-16 tahun, kurus tinggi. Bayarannya sesuai dengan keterampilan, wajah dan tinggi badan.

15. Head Groom/ Stable Master
Orang yang mengurus kuda di sana. Punya banyak bawahan, tapi kayaknya gak lebih tinggi daripada orang-orang diatas, buut... aku gak terlalu yakin.

16. Groom
Orang yang ngurus kuda, menyikat, memandikan, memberi makan ect.

18. Stable Boy
Anak yang membersihkan kandang kuda

19. Kepala Perkebunan
Orang penting. karena perkebunan sama pentingnya dengan Chef dan kawan-kawannya, dia dibayar mahal. Yah, aku udah males nulis jadi yuk saya skip aja.

20. Game Keeper
Orang yang merawat dan menjaga populasi burung di sekitar Estate supaya tamu dan para Gentlemen punya permainan berburu yang menyenangkan.

21. Penjaga Perkebunan
Temennya kepala perkebunan. Tugasnya berkebun. Yeah. That's that.


22. Penjaga Gerbang
Tinggal di rumah yang terpasang di gerbang, Statusnya bahkan lebih rendah daripada yang lain, dan dianggap sebagai perkerjaan rendahan. Oke. Buh-bye, selamat bersenang-senang dengan info gaje ini ya!


Komentar

  1. Kalo servant itu apakah sama kayak butler?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dalam bahasa, Servant artinya 'Pelayan' atau 'pembantu'. Butler mungkin termasuk Servant, tapi Servant belum tentu Butler

      Tapi kalau kamu bikin dunia dan istilah sendiri, ya, kenapa enggak? :v

      Hapus
  2. Tolong tuliskan menurut opinion anda, bagaimana memperlakukan pelayan kita, agar tetap setia dan jujur terutama
    mengenai tentang aib dari keluarga bangsawan tersebut...? (Biar betah gituh, tapi juga masih tau batasan lah)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer