Jenis-Jenis Ujung Pedang/ Pisau/ Apapun

Another 9gag inspired : knife tips!

Buat yang susah baca bahasa inggris, my translation bellow:
(And correct me if i wrong, aku gak pake google translate soalnya)
(DAN TRANSLATE-NYA GAK AKURAT KARENA AKU UBAH BANYAK)


1. NORMAL BLADE
Memiliki satu sisi rata yang tidak tajam sementara sisi lainnya berliuk (eh). pengguna pisau bisa menaruh jarinya di sisi rata sehingga pisau ini kuat, tidak peduli seberapa besar bentuknya. Pisau ini juga lebih berat dari pisau biasa. Biasa digunakan untuk potong, mencongkel dan menyayat.

2. TRAILING POINT CURVED BLADE
Sisi tajamnya meliuk ke luar, memberikan jangkauan sabetan lebih bagus. Bentuknya dioptimalkan untuk menyabet musuh, dan juga menguliti mayat hewan. Eh, manusia bisa dikulitin juga gak? Tau deh.

3. CLIP-POINT BLADE
Kayak normal blade, cuma bagian ujungnya 'dipotong' sehingga mengurangi bagian yang enggak tajemnya. Karena ujungnya lebih tipis, ini bisa dipake 'ngecungkil' (nyongkel mata, anyone?) dan memotong di wilayah sempit. Bagian belakangnya bisa dipertajam untuk mata pisau kedua. Pisau ini bagus untuk menusuk, terutama di bagian chainmail dan sela-sela armor.

4. DROP-POINT BLADE
Sama kayak Clip point, cuma ke luar bukan ke dalem. Lebih kuat daripada Clip-point dan enggak gampang patah, tapi itu jadi susah merusak chainmail-nya.

5. SPEAR-POINT BLADE
Spear point blade adalah pedang simetris yang memiliki penyangga (Spine = tulang punggung, dan tulang punggung untuk menyangga) di bagian tengahnya, selurus dengan ujungnya. Pisau/pedang jenis ini bisa dipertajam di satu sisi, kedua sisinya, atau salah satu sisinya tidak dipertajam sempurna.

6. NEEDLE-POINT BLADE
Tajam dan tipis, pedang ini rentan patah. Bentuknya simetris dan sering kalian lihat dalam pisau bertarung. Sayangnya, ini kalau kena serangan berkali-kali bisa jadi bakal... yah, kusebutkan tadi. Patah. Desain ini kadang disebut dagger atau silleto karena bentuknya dan kegunaannya untuk menusuk.

7. SPEY BLADE
Spey blade biasa dipakai berburu. Karena bentuk desainnya, ujungnya yang agak 'minim', benda ini susah tembus badan orang. Soalnya, ini khusus buat menguliti.

8. KAMASU KISSAKI BLADE
Pedang ini ujungnya mirip alat ukir, membuat strukturnya luar biasa kuat. Biasa dijumpai di pedang panjang maupun pendek. Ini teknik pembentukan pedang asli dari jepang. Seringkali ujung pedang ini ujungnya lurus. Tapi ada juga yang agak membelok saat hampir ke bagian ujungnya.

9. SHEEPSFOOT BLADE
Kayak Normal Blade cuma bagian tajemnya ketuker.
Biasanya dipake sama orang-orang lautan untuk menghindari sesuatu terjadi saat kapal terombang-ambing di lautan. Soalnya, bagian yang enggak tajem itu memungkinkan kontrol yang luar biasa.

10. WHARNCLIFFE BLADE
Kayak sheepsfoot blade, cuma bagian yang enggak tajamnya lebih meliuk. Lebih tebal daripada semua pisau yang ukurannya sama.



[EDIT tanggal 6 April 2016]

Jenis-jenis ujung pisau lainnya. Enjoy!

Komentar

  1. Diam-diam saya suka banget baca blog ini :3

    Blog-nya keren, sangat bermanfaat. Serius deh, bulan april kemarin saya gak jadi kirim naskah habis baca blog ini. Padahal saya baru aja selesai burning CD. Ternyata...

    BARU SADAR!! SAYA BUAT CERITA DENGAN KONFLIK GAJEE!! Banyak tokoh yang sering tampil tapi gak ngaruh(?) sama cerita. Dan akhirnya, saya putuskan gak usah dikirim dulu. Daripada gak semangat kalo ditolak :'v apalagi kalau pembacanya bosen, parahh

    Emang salah juga sih, genre andalan saya misteri dan gak pengalaman nulis horror. Akhirnya cerita psikopat semi horror itu saya pendem di laptop. Dan bukannya malah betulin cerita itu, saya malah beralih ke konflik yang udah sejak lama saya mau buat. berhubungan dengan teknologi.

    Posting tentang ujung pisau ini ngebantu banget, kebetulan saya lagi gambar robot di cerita saya.. hehe.. Chara vs Technology wkwk

    sekian, terima kasih bantuannya~ Ganbatte!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut berduka atas novel yang ditunda keberhasilannya.

      Aku senang skill bahasa inggris aku bisa bermanfaat.

      AKU MENGERTI PERASAAN ITU :v JADI PINGIN CERITA TENTANG NASKAH KEDUA AKU YANG DITOLAK MIZAN KAN? AH, NOSTALGIA.

      You too, keep your spirit up, oh, Light! (Hikaru artinya Cahaya, kan?)

      Hapus
  2. Blog nya keren, kalo boleh sih pengen minta nomer or pin Admin
    biar bisa konsultasi buat novel saya, saya selalu takut kalo ngirim novel.
    merasa selalu kurang n kurang pas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak punya PIN. Gak punya HP.
      Aku punya web, e-mail, wattpad, twitter, tumblr, facebook page, sampai ask.fm

      Take your pick

      Hapus
  3. karambit

    dat karambit

    senjata lokal femes juga ya. aku langsung search soal karambit loh wkwk aku awalnya ngira karambit segede parang ato keris tapi cukup kecil juga ya

    BalasHapus
  4. Klo mau bikin karakternya make Dual Sword gimana Mastah?

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer