Mempersiapkan Minum Teh

Karena mungkin salah satu dari kalian ingin menulis soal etika minum teh yang baik dan benar, atau salah satu dari Maid/Butler kalian tidak ingin membuat kesalahan dalam membuat teh... maka sekarang, I INTRODUCE YOU TO A TUTORIAL OF TEA ETIQUETTE. Part 1 : Mempersiapkan jamuan... eh, mempersiapkan minum teh.

Part 2 akan menjelaskan etika minum teh. Stay tuned.

Yang mau baca tutorial lengkap a.k.a tempat aku dapet info ini, buka link ini : [LINK]

Yang Malas membaca teks bahasa inggris, silahkan baca rangkumanku di bawah.

Waktu tradisional meminum teh adalah jam 4 sore. Jaman sekarang biasanya diundur satu jam atau dipercepat satu jam. Tapi ya siapa peduli coba (ohokohok-rohaluss-tidak-bertanggung-jawab). Di beberapa tempat, normal jika jamuan teh dimulai dari sekitar jam 2 sampai jam 5. (catat : memulai, bukan waktu pelaksanaan)

Biasanya, ada tiga macam hidangan yang disajikan saat waktu minum teh.

1. Savone atau sandwich kecil untuk membangkitkan nafsu makan
2. Scone, lalu disusul dengan...
3. Pasrty


UNDANGAN MINUM TEH

Undangan minum teh biasa diserahkan 1 minggu sebelum waktunya. Bisa langsung bilang, atau dengan surat resmi, atau dengan surat tulisan tangan, atau juga bisa dengan komputer. Tapi, kalau lokasinya jauh, bisa 2 minggu atau 1 bulan sebelum waktu jamuan teh.

Mengundang satu atau dua teman dekat untuk menjadi 'penuang' akan lebih baik, karena dengan cara itu, tidak ada yang menuangkan teh lebih dari 15 sampai 20 menit. Penuang teh adalah suatu kehormatan. Menandakan keanggunan dan kepercayaan, gitu...


TAMU KEHORMATAN

Tamu kehormatan dalam jamuan teh? Kau pikir ini apa - sistem kerajaan?!

Kalian harus memberi tahu siapa tamu kehormatan yang akan datang. Saat tamu kehormatan datang, tuan rumah harus berdiri dan memperkenalkan tamu kehormatan kepada semua yang hadir.

"Ladies and gentleman, She's Lady Gardiana, the Marquis' wife. And, Lady Gardiana, She's my friend, Lana Alder, and my nephew Anna Wills..." seterusnya, seterusnya, seterusnya.

Lalu, saat tamu kehormatan pergi, tuan rumah juga yang membimbing tamu kehormatan ke depan pintu ruangan dan menyampaikan kepergiannya, memandu salam, sekian... sekian... sekian...

Tidak boleh  ada yang pergi sebelum tamu kehormatan angkat kaki dari ruang jamuan. (bahasa, al. Bahasamu harus diperbaiki)


PERALATAN [LINK]

http://www.tea-party-guide.com/table-setting-etiquette.html

Kalau cuma acara minum teh kasual, nampan dan tugas penuang teh tidak begitu diharuskan.


Kalian membutuhkan tea set, yang isinya gelas teh, piring kecil, wadah krimer untuk susu, teko air panas untuk yang menginginkan rasa teh yang tidak terlalu pekat, wadah gula, dan sebuah wadah untuk menaruh irisan lemon.

Taruh tea set dan nampanmu di ujung meja, dan taruh nampan berisi kopi, cokelat (apapun yang kamu suka) di ujung lainnya.


Click for FULL SIZE!!!
Dan, ahem, ini bukan tea party table arrangement.
Ini Dining Table Arrangement


Di sebelah kanan, taruh gelas teh berserta piring kecilnya sesuai jumlah tamu yang datang.

Taruh pisau di sebelah kanan dan hadapkan sisi tajamnya ke arah piring.

Piring di tengah, serbet dilipat dan ditaruh di sebelah kanan. (dengan pengecualian usaha menghemat tempat, silahkan ditaruh di tengah piring), dan taruh alat makan sesuai dengan apa yang kamu sajikan.

Misal, kalau ada kue cokelat yang lengket, sediakan garpu. Garpu ditaruh di sebelah kiri piring.

Catat bahwa ada perbedaan menata meja dalam jenis minum teh. Seperti :

Cream Tea : Sediakan pisau mentega untuk krim dan/atau mentega. Letakkan pisau mentega di sebelah kanan pisau makan. Sediakan pula sendok untuk mengambil selai (Scone enak dengan selai!)

Afternoon Tea : Sama kayak Cream tea, cuma tambahin aja kalau ada kue atau apalah. Garpu, mungkin.

High Tea : Karena High Tea itu disajikan saat makan malam, peralatannya juga bejibun. Pastikan aja sesuai sama yang kamu hidangkan.


TEA PARTY-ing
(Because Lussy don't know the Indonesian version of this word)

. Menyeduh teh yang baik dan benar

Teh yang baik diseduh dalam air yang baik. Maka gunakan air terbaik. Bisa air dalam kemasan, bisa air filtrasi, atau apapun. Mungkin hal yang kalian mau dihindari adalah menyeduh dengan air keran.

Isi ketel/alat pemanas airmu dengan air (YA IYALAH), lalu panaskan sampai mendidih. Kecuali kalau kalian membuat green tea atau 100% White Tea, jangan sampai kalian rusak daun teh berkualitas itu dengan air yang terlalu panas.

Sebelum memasukkan air panas ke dalam teko, panaskan teko dengan cara menuangkan air hangat dan membasahi bagian dalam teko, lalu airnya dibuang.

Masukkan satu sendok teh daun teh berkualitas tinggi di dalam 175ml air panas lebih sedikit. Atau kalau kalian mau lebih tepatnya, 6oz... sekitar 177.141ml.

Because fuck metric system, that's why.



Komentar

  1. Aku tidak tahu harus komentar apa, beneran ini sudah dirangkum? Karena tetap saja ini panjang :3. Well, ini bagus buat referensi. Keren sob (y). Kapan-kapan aku harus pakai dalam pertemuan karakter-karakter yang enggak masuk akal itu (eh).

    Kamu mendeskripsikan dengan baik, sudah cukup untuk membuatku sangat terkesan dan ingin memasukkan adegan minum teh dalam novel.

    Aku bicara seperti sudah pernah menerbitkan novel (padahal belum sama sekali). Itu aja, enggak mau komentar panjang, takut kebanyakan bacot :v

    Salam literitasi friend!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha, part 2-nya belom siap. Ini baru persiapan dan etika dasar. Ini lagi mau nyari yang lain :v

      Iya, ini udah dirangkum. Bagus gak?

      Deskripsiku mungkin kurang di penataan meja saat Dinner digabung dengan Tea Party.

      Terima kasih sudah berkomentar, Mauren!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer