6 Teori Akhir Kehidupan

Source : 9gag (Yes. You read it right, bro)


Selamat tahun baru semuanya~ Apa resolusi kalian di tahun yang akan datang? Rohaluss sampai lupa update blog sama sekali selama 2 bulan terakhir nih! Laptop rusak, novel belum selesai, ah, pokoknya stress sendiri deh!

Oke, let's not make this any longer. Ini referensi harusnya masuk ke Rohaluss Journal, tapi disini jarang update jadinya kan kesel sendiri... Tempat ini juga harus diisi sesuatu!

Apa yang mayoritas orang-orang di dunia fantasimu berpikir soal kehidupan? Mayoritas di Indonesia, karena negara ini negara bermayoritas Islam, mempercayai bahwa setelah jasad meninggal, kita akan masuk surga (dengan beberapa tahap yang bejibun dan aku tahu pembaca blog ini juga tidak semuanya islam sehingga aku tidak mau repot menjelaskannya).

Tapi di China, mereka mempercyai reinkarnasi, yaitu orang akan hidup kembali sebagai orang lain. Mungkin karena agama Budha, tapi sumber di sini [LINK] mengatakan juga bahwa hal tersebut dipengaruhi oleh 'Taoism' dan 'Mahayana Buddhism'.

Oke, sudah terlalu panjang. Kembali ke pokok dan ide dari 6 teori akhir kehidupan.


1. Immortality [Hidup Abadi]
As seen on race : Gods, Goddess, Vampire & banyak lagi karakter Supernatural
Novel with This Style: Twilight (Stephanie Meyer), Old Gods Mythology, dan masih banyak lagi

Imortality atau kehidupan abadi adalah sesuatu yang dianggap paling menjanjikan dalam kehidupan. Bayangkan. Kalian bisa hidup selamanya, dengan wajah waktu kalian selesai dalam pubertas (biasanya gitu) dan tidak akan menua, dengan kekuatan yang sama setiap harinya. Selalu cantik, dan kamu punya waktu untuk menguasai ratusan instrumen, memiliki waktu untuk membangun perusahaan, dan bisa kaya karena waku tak memakan jasadmu. Tapi ingatlah, setiap pilihan ada konsekuensinya.

Hidup selamanya di antara orang yang akan mati berarti mendapat dan kehilangan berulang-ulang, mengalami rasa sakit ditingal orang-orang ratusan bahkan ribuan kali. Apa itu cukup buruk? Kalau kau pernah ditinggal orang yang kamu sayangi, dan membayangkan rasa sakit itu dikalikan ratusan kali, aku pikir mati pun tidak masalah.

Bagaimana jika hidup di antara orang-orang yang hidup abadi? Konsekuensinya ada di dunia yang kamu ciptakan. Jika miliaran orang hidup abadi, tidakkah dunia itu akan penuh? Akankah oksigen, pasokan makanan, tanah untuk tempat tinggal, dan hal penting lainnya terpenuhi? Dunia akan sangat, sangat membosankan tanpa kepergian orang. Surely there must be another way. Right?

Riiight??


2. Reinkarnasi [Hidup Kembali Sebagai Orang Lain]
As seen on : Folklore. Mostly Folklore, atau kisah lain. Entah.
Featured on FantasTeen books : The Cassettes

Reinkarnasi adalah kondisi dimana setelah kamu mati, kamu akan hidup kembali sebagai orang lain, dengan memori terhapus sepenuhnya. Ada beberapa mitos tentang reinkarnasi di dunia fantasi yang juga menyenangkan untuk diketahui. Misalnya :

Tanda lahir di tubuhmu adalah sebab kematianmu sebelum mengalami reinkarnasi.

Wat, I don't understand that one, but it's sounds good.

Pasti, ada downside dari segala jenis hal ini, tapi enggak begitu jelas, sih. Kupikir enak juga setelah mati kamu hidup lagi menjadi orang lain, menciptakan kehidupan baru. Tapi aku enggak mau jadi anak yang enggak beruntung...


3. Oblivion [Mati. Udah, gitu aja]
Ini standar kehidupan. Kita mati, lalu tidak berharga, kembali menjadi karbon, fosfor, kalium dan kalsium, dan susunan atom lain... menyatu dengan tanah dan... sudah. Itu aja, sih.

Terus, jika hidup ini tujuannya hanya untuk kembali ke tanah, lalu apa makna hidup bagi orang-orang di duniamu?

...baik. Lupakan.


4. Recursion [Kembali Ke Waktu Kamu Dilahirkan]
Also called : Eternal Return atau Eternal Recursion

And so on... and so on... and on, and on....

Dan kamu tetap menyimpan ingatanmu. How neat is that? Oke, mungkin kamu jadi punya ingatan bagaimana kamu mati dan secara tidak sadar kau menghindari hal itu. Palarel universe bisa terbentuk akibat hal ini. Teori Recursion diciptakan oleh philosopher bernama Nietzche, terinspirasi oleh orang bernama Heinrich Heine (nama macam apa ini?).

Infodump selesai. Baca lebih lengkap di sini [LINK]

Eternal Return adalah konsep yang menyatakan dimana waktu tak terhingga dan kejadian yang terhitung, maka kejadian itu akan terulang-ulang sebanyak tak terhingga kali. Bayangkan saja dunia ini sebagai papan catur. Banyak kombinasi yang bisa kamu lakukan. Tapi karena batasan gerakan catur hanya sedikit, sementara kau bisa memainkannya sepanjang umur (kalau kau benar-benar kurang kerjaan), akan ada gerakan catur yang terulang.

Dunia ini tidak ada tujuan, selalu berubah dan mengalir seperti lingkaran. Waktu tidak memiliki akhir, juga memiliki awal. Suatu saat, kejadian akan terulang... uh, oke, sekarang aku gak tau mau ngejelasin apa lagi. Langsung saja ke nomor lima!

5. Limbo [Ingatan Tetap Hidup Sebagai Hantu]
As seen at : Most horror movies... (baka, everyone knows it, right?).
Featured on FantasTeen book(s) : Nanti kepenuhan sama list, jadi kalian cari aja buku yang covernya gelap dan masukan ke list kalian.

Enggak perlu dijelasin, kan?

6. Heaven [Jasad Mati, Jiwa Hidup Damai di 'Alam Lain']
Ini juga gak perlu dijelasin...


Oke, semoga kalian senang! Rohaluss bakal tidur sampai tahun depan. Sampai jumpa di tahun 2015, semuanya! Love you all~

Komentar

  1. Huaa thanks rohalus! Bener juga ya, klw hidup selamanya nggak selalu bahagia. Tapi boleh kasih saran gak? Mana kehidupan untuk dunia fantasi yang paling cocok?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heyy... sorry, late response. Da akumah apa atuh, laptop rusak... update terhambat... padahal udah ada yang request EYD tutorial nih! hehe...

      Hm... teori akhir kehidupan yang cocok? Itumah kembali lagi ke plot penulisnya. Aku pakai Limbo-reincarnation-semi-Heaven. Hantu boleh pergi ke dunia arwah dan tinggal selamanya di sana atau hidup kembali untuk menyelesaikan tugas yang belum selesai. TAPI karena prosesnya yang belibet, gak jarang banyak hantu yang gak bisa reinkarnasi atau pulang ke dunia arwah. Itu alasan kenapa ada :
      1. Spirit Magic User (pakai bantuan hantu)
      2. Ghost Curse atau Kerasukan
      3. Agama
      4. Tradisi yang bikin semua orang ada di tengah kota buat diracunin *spoiler*

      Jadi, pilih aja yang cocok buat plot kamu, dan kalau gak ada yang cocok GABUNGIN AJA JADI SATU DAN MELEDAK!!! *dhuarrr

      Lussy out!

      Hapus

Posting Komentar

Postingan Populer