Tips Memberi Nama Karakter

Hey-HO! Bertemu lagi dengan Rohaluss, si gila yang suka nulis tapi gak berani nerbitin (loh?). Kali ini, karena ada yang pernah nanya, (nama disensor) aku akan memberikan beberapa tips mencari nama karakter!

Kalian pasti ada yang kesulitan memikirkan nama karakter. Ya, kan? Aku juga gitu. Terkadang aku malah sengaja ngasih nama 'kayak kembar tapi bukan' supaya ada yang disangka... gituuu...

Tapi kalian menginginkan nama unik yang baik. Keren dan tidak membosankan. Hebat dan- kebanyakan pembukaan, nih! Langsung saja kita ke.... cara pertama!


1. DICTIONARY STYLE
Ini cara teraneh, namun paling efektif dalam membuat nama tokoh fantasi yang enggak mainstream. Kalian bisa menggunakan sifat, peran, kekuatan, atau apapun yang menyenangkan dan berhubungan dengan karaktermu! Simple!

Beberapa contoh bagus dalam beberapa buku yang menggunakan Dictionary Names :

FantasTeen : Solvite by Hilmy AN :
Mooie (karakter pendamping) : Dari bahasa belanda, artinya Cantik/Indah (dia menggunakan kata sifat)
Mijn Ziel : Mijn = milikku | Ziel = Jiwa/Soul. Masih bahasa belanda. (dia menggunakan peran dalam cerita)

Hiro Mashima

RAVE Master : Karakter utamanya bernama Haru (Jepang, artinya musim semi)

FAIRY Tail : Karakter utamanya bernama Natsu (Jepang, artinya musim panas)

Enggak akan aneh kalau nama berikutnya memiliki arti musim dingin dan musim gugur. Siapa tahu, loooh...

Dan tidak jarang juga, beberapa tokoh diberi nama simple seperti : Shadow (bayangan), Dark (gelap), Amber (fosil getah), Lily (Lili), Rose (Mawar), Grace (elegan), Ash (debu), Storm (badai), dan lain-lain.


2. LETTERSWAPING and ADD or REMOVE
Letterswaping alias mengubah tata letak huruf. Cara paling gak ribet, tapi sering digunakan dalam komik/manga, dan juga beberapa nama karakter. Berikut contoh dari letterswaping :

Soul Eater Manga :
Mizune Sisters : Kemungkinan dari kata Ne-Zu-Mi dibaca dari belakang, yang artinya tikus. Kalau kalian lihat karakternya seperti apa, kalian akan tahu kenapa dia dipanggil begitu...

Grey Garden by Deep Sea Prisoner (Game) :
Banyak banget soal yang satu ini. Contohnya adalah : Etihw, Kcalb, Emalf. Bahasa inggris. Dari mana aku tahu? Hm. Baca nama mereka dari belakang.


3. NAME GENERATOR
Nah, bagi yang enggak mau ribet, kalian bisa membuka name generator yang banyak jenisnya di Google. Caranya mudah! Kalian cukup tekan generate dan nama secara random akan muncul. Nih, salah satu link-nya. [LINK]


4. BABY NAMES
NOTE : Buat penulis cewek yang belum punya pasangan hidup, kurasa kalian jangan membuka web ini di depan orang tua atau dapat menumbulkan kesalah pahaman yang serius (true story temen ane). Contoh kalimat yang bisa kalian cari di Google :

a. Japan Name with Meanings List

b. Baby Name based from Nature

c. (ect, pikir sendiri)

GO GOOGLE IT!!


5. CURI NAMA ORANG LAIN (em, tidak begitu disarankan...)
Buat yang males, super, sampai enggak kuat menggerakan jari sendiri mungkin kamu coba nyuri nama temen kamu dan gabungkan menjadi satu. Atau nama artis kesukaanmu? Hehe.


6. COMBINE IT ALL!!
Kamu bisa menggabungkan cara pertama dengan cara ke dua. Misalnya, aku mau menamai seorang karakter misterius, yang akan kuberi nama Gravity. Aku akan menghilangkan huruf terakhir dan menggantinya dengan huruf A. Gravita. Dan karena huruf V terlalu anggun, aku ganti menjadi huruf F. Lalu, untuk nama belakangnya, karena ada botol kayu putih di atas mejaku, aku beri nama Woodheat+ern

Grafita Woodheathern.

Kalau kalian punya cara sendiri, silahkan tulis di bawah! (Baca komentar, siapa tahu ada yang bagus juga!) Happy writing, enjoy!

Komentar

  1. kalo aku sendiri punya rujukan tersendiri untuk ke mitologi atau nama tokoh yang nggak mainstream. tapi, emang kalo nama tokoh yang nggak mainstream cukup susah dicari, begitu juga untuk riset nama2 mitologi yang tepat untuk sang tokoh. ah, tiap mitologi di daerah manapun yang kalian ambil, menunjukkan karakteristik daerah. dan ini juga sedikit memengaruhi untuk tokoh kalian kedepannya (kok malah jadi ceramah -_-)

    dan kalo aku juga baru nemu dan nyadar hal ini di inet. kalo bener2 ga ada ide, baru seenggaknya boleh ambil yang ini. tapi, untuk beberapa bahasa, aku cuma taunya yunani, yang kalo per huruf itu ada cara penyebutannya tersendiri (atau dengan apapun disebutnya). "α" dengan "alfa", "ε" dengan "epsilon" dan lain-lain.

    juga, ini masih berhubungan dengan poin yang sebelumnya. aku sendiri juga baru nyadar. kalo ini lebih ke bahasa jepang, mungkin mandarin dan korea bisa. ada beberapa huruf kalo disusun menjadi satu kalimat yang dalam pelafalannya sama tapi punya arti yang beda. aku ndak begitu bisa ngejelasin, cuma sebagai contoh yang udah mainstream adalan "Shi" yang bisa berarti 4 dan mati.
    (contoh dari temenku itu sih : "Shikisha(屍揮者)" yang arti aslinya adalah "Conductor (orkestra)" tapi karena kanji "Shi" disitu berarti mayat. jadinya kebanyakan dari mereka ngartiin "Corpseductor". kalo versiku sih "Pemimpin yang membawa kematian". yah, malah curcol disini..-_-)

    BalasHapus
  2. Kalo aku pakai nama depan. Kadang huruf pertama kadang bukan. Contohnya: huruf pertama dalam namaku kan N aku ubah jadi Nirina. Contoh lain: nama depanku Naurah, aku buang N sama H-nya jadi deh Aura.

    Untuk nama belakang pakai kata paling belakang dalam namamu (jika kamu menjadikan dirimu sumber nama tokoh utama) atau pakai marga biasa atau pakai nama belakang teman yang kamu jadikan sumber nama tokoh atau gunakan imajinasimu sendiri. Contoh: nama belakangku Gitany, setelah di[ikir-pikir, jadilah nama belakang Sagita. Ingat! Jangan samakan marga dan nama belakang. Masa ayah si tokoh utama dikasih marga Sagita? Kan konyol banget.

    Jangan lupa sesuaikan nama dengan asal tempat dan waktunya. Jangan kasih nama Ayu buat anak bangsawan Inggris abad ke-19 atau kasih nama Victoria buat anak keturunan bangsawan Jawa pada zaman Majapahit.

    Maaf jika kepanjangan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. *Standing applause*

      This is masterpiece...

      Hapus
    2. Makasih. Sebenarnya, kadang aku juga dapet nama spontan, sih. Seperti pas ,agi disuruh bikin cerpen temanya bullying, tiba-tiba aku dapet ide kasih nama tokoh utamanya Nindya entah darimana (mungkin ada roh halus membisikkan sesuatu di telingaku) meskipun akhirnya agak diprotes sama adikku yang nama belakangnya GitaNINDA. ^__^

      Hapus
    3. Sorry, ada tambahan. Aku juga bikin nama dari nama barang yang berhubungan dengan si tokoh. Contoh, aku bikin tokoh peri buku (fairy tale project yang gak jadi-jadi -___-) jadinya aku kasih nama Kyra dari kata Book (biarpun cuma huruf K doang yang dipake). Yang penting sesuaikan dengan cerita.

      Dan satu lagi, khusus untuk cerita tentang time travel atau pengelana waktu, silakan kasih nama futuristik untuk yang dari masa depan ke masa sekarang atau kasih nama anak sekarang kalau dari masa sekarang ke masa lalu yang tidak berhubungan dengan dirinya.

      Mohon maaf jika tambahan ini kepanjangan. Goodnight!

      Hapus
  3. Kalo aku entah kenapa kalo milih nama, tiba-tiba muncul aja di otak dan ternyata namanya itu cukup gampang diinget dan unik gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang kita kadang harus mikir simpel buat nama :v

      Hapus
  4. ane sih kalo ngasih nama dari nama sendiri/nama temen/nickname temen-temen digame.. + bahasa kek sunda dll..
    misal nama peran utama diproject gameku : Ein Aidan
    "Ein"(mata air) bahasa apaya lupa.. "A" (kakak disunda) idan (dri sbgian nama ane) :v

    BalasHapus
  5. Kata "Natsu" kalo dibalik seperti point 2, jadi nya "Sunat" dong, lucu ah, ada2 aja miminnya nih :v

    BalasHapus
  6. Maksih Tips nya,
    Maaf ya saya copy, biar gampang di baca

    BalasHapus
  7. misi kak nanya
    klo ngasih nama karakter yg tema nya ada sihir sihiran nya itu
    klo pake nama daerah daerah itu cocok gk ya ????
    makasiihhh....
    btw semua yg kakak tulis membantu bangett ... :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. contoh nya : malik wibowo

      Hapus
    2. Tergantung latar, sih! Kan gak enak juga kalau ada cewek orang indo namanya Hayashimoto Sakura. Apalagi gak ada keturunan jepun-jepunnya sama sekali. Jadi kalau mau pake nama Indo, latarnya minimal masih di bumi, ya!

      Semangat nulisnya!

      Hapus
    3. Maaaakaassiiihh kakk ...
      gk nyangka klo masih aktif ...
      aku kira udah enggakk ...
      makasih sekali lagiih

      Hapus
  8. Lagi nyari nama eh dapat ide dibmari, good job deh

    BalasHapus
  9. Kak,aku pernah mencari nama di google dan dicampur menjadi satu. Ya,hasilnya :v

    Aniceta Ifigenia

    Terlalu susah kah untuk menyebut namanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau namanya susah disebut, itu masih bisa diakalin dengan cara begini,

      "Aniceta Ifigenia," aku mengulurkan tangan. "Panggil saja Isetta."

      Atau begini;

      "Aku lebih suka dipanggil Annie." Kataku, diam-diam ingin memperbaiki cara mereka menyebut namaku tadi.

      Tapi yang susah adalah menyesuaikan nama tadi dengan nama orang-orang di sekitarnya. Masa nama dia Aniceta, temennya namanya Bob Red sih? :v //jangan curcol oy

      Have fun, Jacinda!

      Hapus
  10. enggak sih biasanya kalo pengen gak mainsteam suka pake unsur unsur kimia, jadi ya gitu kaya nama orang luaar dan kemungkinan anti mainstream

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer