Referensi Kisah Fantasy | Part 1

Karena Referensi Kisah Detektif sudah 2 part, maka kupersembahkan... REFERENSI KISAH FANTASY!! Jeng-jeng-jengg... Kali ini membahas (kurang) lengkap soal keadaan darurat.

KEADAAN DARURAT


a. Nature Disaster (Bencana alam)
Percayalah, ini keadaan darurat paling merepotkan. Aku enggak tahu banyak soalnya aku belum pernah mengungsi, tapi melihat keadaan di TV bencana alam seperti hal buruk, kuasumsikan bahwa hal ini mengerikan.

Hal pertama yang membuat Bencana Alam menjadi berbahaya bagimu dan bagi karakter novelmu adalah Nature Disaster bukanlah perang : mereka tidak dapat diprediksi kapan datangnya. Tentu, ada beberapa hal seperti BOMG dan media yang dapat memperingatkan di jaman seperti ini. Tapi bagaimana dengan duniamu? Apakah ada orang-orang yang dapat memperkirakan seperti itu? Atau bencana alam bagaikan sarapan sehari-hari? Atau kejadian langka yang dapat membuat krisis ekonomi jika terjadi?

  1. Gempa Bumi
Sulit memperkirakan kapan gempa bumi akan datang. Hal pertama, mungkin aktifitas gunung berapi. Lalu, bagaimana jika tidak ada gunung berapi di sekitar rumah karaktermu?

1.) Hewan dapat mendengar getaran atau suara lebih peka dari manusia. Kalian bisa menuliskan bahwa beberapa hewan bertingkah aneh sebelum gempa bumi terjadi.

2.) Gempa kecil dapat terjadi beberapa kali sebelum gempa 'yang sebenarnya' terjadi. Setelah itu, bisa jadi ada gempa susulan.

3.) Di dunia fantasi, gempa tidak hanya disebabkan oleh alam. Coba bereksperimen dengan raksasa dan orang marah. Enjoy and have fun.

  2. Tsunami
Tsunami sangatlah berbahaya bagi karaktermu yang tinggal di pesisir pantai. Aku tidak tahu banyak soal tsunami karena aku anak gunung. Tapi pada dasarnya, tsunami terjadi karena gempa di bawah laut.

1.) Laut akan mendadak surut secara cepat saat tsunami akan terjadi

2.) Tsunami juga hampir sama dengan gempa. Tsunami memiliki gelombang pembuka dan gelombang susulan. Biasanya gelombang pertama tidak parah, namun yang selanjutnya dapat berakibat fatal. Jarak waktu antar gelombang kurang lebih 5 menit sampai satu jam.

3.) Tsunami bisa mengalir ke sungai! Jauhi sungai dan pantai, atau suruh beberapa karaktermu tanpa sengaja mendekati sungai saat tsunami. Lihat efek sampingnya. (huehehehehehe...)

  3. Badai
Badai bisa terjadi di mana saja dan bisa berkembang menjadi tornado. Apa saja tanda-tanda badai? Langit kelabu, angin kencang, awan hitam menggulung di langit dan suara petir dari kejauhan.

Kadang memang aneh membuat bencana alam di dunia fantasi, tapi bukan berarti itu membosankan. FantasTeen : Absolute Zero by kak Fauzi (he's older than me) menggunakan cuaca ekstrim sebagai faktor penghalang luar. Cuaca buruk seperti badai salju.


b. War (Perang)
Perang adalah sesuatu yang paling akan dihindari sebuah kerajaan - bahkan betapa menyebalkannya negara lain, perang adalah pilihan terakhir. Sering peperangan di banyak buku penulis pemula karena hal sepele. Aku kadang tidak setuju tentang hal itu.

Tapi kesalahan terburuk yang Rohaluss temukan adalah : rakyat seakan invicible. Maksudku, dimana rakyat yang mati? Terbunuh? Penderitaan harusnya dimana-mana. Pasti ada beberapa orang yang ketakutan sebagai rakyat. Rasa takut itu seakan hilang. Seperti hukum III newton! (perbaiki aku jika aku salah) 'Hukum timbal balik'! Semakin kuat energi (perang), semakin kuat pula timbal balik (efek).

Apa efek terburuk dari perang? Berikut adalah list dari rohaluss.
  1.) Nyawa orang tak berdosa (rakyat) banyak yang melayang
  2.) Gugurnya para prajurit
  3.) Krisis ekonomi
  4.) Kerusakan kota
  5.) Mental Breakdown bagi penerus selanjutnya
  6.) Tragedi dimana-mana
  7.) Kelaparan
  8.) Kehilangan harta
  9.) (beritahu rohaluss kalau ada tambahan : comment di bawah)


c. Critical Wounds (luka parah)
Percayalah. Kalian suka ini. Maksudku, luka berat itu cukup parah jika kalian tak tahu cara mengobatinya, bukan? Kalian juga mau menulis ini se-realistik mungkin. Sekarang, apa saja yang harus dilakukan saat karaktermu terkena luka parah?

  1. Luka Tusukan
   a.) Tekan luka untuk mengurangi pendarahan. Jika luka itu berat atau dalam, tekan bagian arteri terdekat supaya pasien tidak kehilangan darah (setidaknya sampai healer di tim-mu datang).

   b.) Jika memungkinkan, jauhkan posisi luka dari jantung. Misalnya luka di tangan dan kaki, maka harus diangkat. Jika di bagian perut atau dada, posisi setengah duduk. Jika mata yang ditusuk, tutupin dua-duanya karena mata bergerak bersama-sama. Ini berguna supaya darah tidak mengalir terlalu deras. Karaktermu (or U) bisa mati kehabisan darah.

   c.) Baringkan tubuh korban dan jangan suruh bergerak. (Kalau memungkinkan, jangan bicara dan jangan napas :v LOL. Btw, soal jangan bicara terlalu banyak aku serius)

   d.) Tutupi dengan kain steril. Atau kalau enggak ada, minimal bersih. Panggil bantuan secepatnya.

Catat bahwa saat karaktermu ditusuk (berlaku juga untukmu) dan pisau itu masih bersarang di tubuhnya, JANGAN DICABUT. Jangan dicabut sampai para healer datang. Kalau kamu cabut, darah akan mengalir lebih deras. Apalagi dengan pedang panjang, karena benda itu dapat memotong kulit di sekitar luka saat dicabut. Resiko karaktermu akan mati lebih banyak. Serius. Untuk menutup lukanya, cukup tekan luka itu di sekelilingnya.

Gross and hurting XD.

BTW, tutupi luka dengan perban lalu jika memberat, tambahkan perbannya. Jangan dilepas, tapi jangan terlalu ketat. Terlalu ketat dapat membuat sirkulasi darah putus dan menyebabkan amputasi bagi karaktermu. Terlalu longgar dapat menyebabkan kematian karena kekurangan darah. PUAS, TAH. Susah, kan?

Korban luka tusuk akan merasa dingin karena kehilangan banyak darah. Biarkan dia tetap hangat dengan caramu. Kunci dari menyelamatkan orang dari luka tusuk adalah TETAP BUAT DIA TERJAGA. Jangan sampai pingsan atau tidur (yaelah, sapa juga yang mau tidur pas ditusuk?). Kalau dia merasa akan batuk atau muntah, tekan luka itu untuk menghindari luka untuk lebih terbuka lagi.

  2. Luka Tembak
   a.) Pertama, karena luka tembak biasanya terjadi di dunia fantasi moderen, maka hal pertama yang harus kau lakukan adalah hubungi polisi dan ambulans. Jelaskan apa yang terjadi. Lalu, lihat luka tembakannya. Luka yang besar menandakan kondisi kritis.

   b.) Jangan, kuulangi, JANGAN merubah posisi korban terlalu banyak bila memungkinkan. Kecuali di medan perang, (jangan gila kalian XD).

   c.) Tekan luka itu dengan tangan atau handuk. Kalau bisa, lapisi dengan plastik untuk menghindari udara masuk ke dalam peredaran darah.

   d.) Jika korban tidak bernafas, beri CPR a.k.a nafas buatan. Jangan mikir yang macem-macem. Ini darurat. Tapi berhati-hatilah karena nafas buatan yang tidak perlu akan menjadi shock bagi korban.

   e.) Jangan kasih minum. Berbahaya. Jangan angkat korban bila ia tak sadar.

  3. Luka Bakar
   a.) Luka bakar ringan akan sembuh dan mengelupas dalam satu sampai dua hari. Warnanya merah dan menjadi putih saat ditekan. Cara menyembuhkannya dengan merendam luka bakar dengan air lalu beri obat-obatan, seperti aloe vera (lidah buaya)  atau kalau kalian bikin Modern Fantasy, Neosporin. Kalau besarnya lebih dari 10 cm, segera cari healer atau dokter. Tenang saja karena akan sembuh dalam kurang dari satu minggu.

   b.) Luka bakar biasa bisa membahayakan. Tapi jika hanya sedikit, rendam dalam air selama lima belas menit lalu beri obat. Balut dengan kain yang tidak lengket (jangan pakai hansaplas) dan cari petolongan healer. Lama-lama tempat ini kayak pelajaran dokter aja :v

   c.) Luka bakar parah hampir tidak terasa sakit sama sekali karena membakar habis kulit (saraf peraba kita ada di kulit, jadi...). Pokoknya langsung cari dokter. Boleh dibalut kain, tapi hati-hati, jangan sampai kain menempel di kulit.

   d.) Luka bakar karena serangan listrik bisa merusak bagian lain selain kulit. Sekedar info.

   e.) Luka bakar kimia : cuci bersih dan cari dokter. Masih sekedar info.

  4. Other Tips
   a.) Jangan menuangkan alkohol pada luka. Alkohol itu untuk mensterilkan tanganmu atau menstrerilkan peralatan pengobatan. Menuangkan alkohol pada luka dapat mengakibatkan luka terbuka kembali. Bila tidak ada air dan sabun, cuci tanganmu dengan alkohol sebelum menyentuh luka.

   b.) Pastikan daerah sekitar luka bersih. Infeksi bisa terjadi (dan membahayakan karaktermu.)

   c.) Jangan ikut-ikutan ngobatin pasien kalau kamu punya luka di tangan. Setidaknya pastikan kamu menggunakan sarung tangan atau sihir tertentu XD


d. Mental Breakdown (Shock berat)
  Mental breakdown dapat membuat karaktermu tidak dapat menggunakan akal sehat. Banyak hal yang dapat menyebabkan mental breakdown terjadi. Untuk melihat sebab-akibat mental breakdown, kusarankan kalian menonton/membaca Shingeki No Kyojin (Attack on Titan).


Kalau kalian mau minta referensi, silahkan ketik satu atau beberapa topik di komentar! Semoga di sela-sela waktu menulisku, aku bisa menuliskan apa yang kupelajari dan kutemukan, lalu kurangkum dalam Referensi Kisah!

OOT : Gila, aku kayak lagi ngajarin penulis P3K sama hal-hal gak penting :v

Komentar

Postingan Populer