Class Populer Untuk Novel Fantasi (atau penulis lainnya)

[EDIT 9 April 2016 : Update nambah keterangan dari Iruhan Hizura dan tambahan dari komentar]

Waaah! Tendang tong sampah! Dansa sama tukang sayur! Let’s go to fantasy world!

Holla! Selamat datang lagi di TULISAN IMAJINASI! Disini Alia Rohaluss, dan kali ini akan membahas Class yang ada di dunia fantasi. Bukan hanya yang populer, tapi juga yang sedikit orang yang tahu mereka ada! Bagi-bagi inspirasi, nih!

Tempat ini akan dibagi 2 Sesi : Magic and Weapon User. Lalu, weapon user bakal dibagi menjadi lebih banyak... ah, pokoknya baca aja, deh!


Magic User

Alchemist
Alchemist adalah penyihir yang menggunakan potion (ramuan) sebagai metode pemanggil sihir. Kebanyakan dari mereka kelihatan jauh lebih kalem, kenapa? Karena mereka tinggal tumpahin ramuan lalu baca mantra, selesai. Kekurangannya? Mereka harus membuat ramuan sebelum bertarung dan kalau habis mereka dalam bahaya.

Apperentice
Pengguna sihir yang baru belajar. Pernah nonton film ‘The Sorcerer Apperentice?’ Bukankah artinya ‘Sang Murid Penyihir?’

Banisher
Dari kata ‘banish’ (pengusir), biasanya mereka salah satu dari penyihir suci. Mereka menghancurkan makhluk kegelapan dengan sihir cahaya dan bla-bla-bla... Hal yang membuatku kesal adalah sihir mereka hanya untuk makhluk kegelapan.

Black Mage/Magi/Magus
Black Mage (dari kata magus, artinya penyihir tapi entah bahasa apa karena aku lupa). Siapa yang tidak kenal nama itu? pemain Final Fantasy GBA pasti tahu. Black mage, sesuai namanya, menggunakan sihir hitam untuk melakukan sihir. Tapi kadang disatukan dengan Elementalist, menggunakan elemen. Well... up to your world, anyway.

Cleric
Temennya ‘Healer’. Whatever. Tapi khusus buat cewek. Mereka menyembuhkan luka. Banyak cerita yang menggabungkan cleric dengan suster di gereja. Game yang aku mainkan juga seperti itu. (Mainstream banget, kan?)
Oh, ya. Biasanya mereka helpless. Harus ditolongin kalau sekali-kali diculik. Semoga itu tidak terjadi...

Dark Mage/Magi/Magus
Dari namanya, kalian tahu seperti apa dia. Mereka menggunakan sihir hitam untuk melawan. Tapi bukan berarti penyihir sihir hitam itu jahat, loh! Itu label sihir, tapi kenapa orang dengan sihir hitam selalu menjadi jahat?

Dryad / Druid
Ada yang suka elf? Bukan penggemar SuJu, ya. Itu, loh. Manusia bertelinga runcing, elven. Dalam banyak cerita, Dryad merupakan penyihir yang mengandalkan kekuatan alam. Lima, menurut orang-orang : Api, air, tanah, angin, dan roh. Baju mereka biasanya juga dari alam. Kalung taring serigala, batu peramal, mahkota dari kayu penangkal roh jahat, ritual di api unggun... kurang apa aku ngejeleasinnya? Tanpa alam, mereka tidak ada.

Enchanter
Biasanya cewek, dan mereka memikat musuh dengan sihir mereka. Istilah keren? Pelet. Atau jampi-jampi cinta. Mereka juga memperkuat senjata orang... entahlah.

Elementalist
Sesuai dengan namanya, penyihir ini menggunakan elemen untuk bertarung. Ada dua versi elementalist! Satu, menggunakan sihir elemen untuk bertarung. Dua, memanggil dan menggunakan roh elemen untuk bertarung bersama. (Seperti Summoner)

Healer
Kata lain untuk ‘penyembuh’ paling populer. Dalam versi RPG, mereka biasanya lemah, tapi dibutuhkan terutama saat potion lagi gak ada.

Mage/Magi/Magus
Aku sudah beritahu. Jangan buat aku mengulanginya lagi. Mage lebih universal karena artinya penyihir secara keseluruhan.

TIPS MEMBUAT SIHIR I : Tambahkan kata Mage (atau Sage) di depan kata elemen untuk mengkategorikan elementalist lebih luas. Contoh : Fire Mage, Water Sage, Blood Mage (Dragon Age, Electronic Arts), Ice Mage... Archmage (Mage yang sudah jadi keren) dan lain-lain.

Necromancer
Terdiri dari dua kata, Necro (entah bahasa apa lagi, lupa. Artinya mayat) dan Mancer. Bukan fencer, itu sih anggar dan dibahas dibawah. Necromancer mengendalikan mayat untuk menjadi boneka petarungnya dan... yah, kayaknya penyihir paling santai di sini... Necromencer adalah sebutan bagi orangnya. Sihirnya disebut Necromacy.

TIPS MEMBUAT SIHIR II! Seperti Necromancer, kalian bisa membuat sihir lain dengan kata ‘Mancer’. Contoh : Pyromancer (Pyro : api), Dollmancer, Aquamancer... dsb.

Priest / Priestess
Temennya Cleric sama Healer, tapi lebih ke perjuangan cahaya suci bla-bla-bla. Lebih ke agama, sih. banyak yang seperti itu.

Sage
Diatas Mage, tapi lebih profesional. Mereka lebih dewasa dalam hal pikiran dan telah menguasai banyak sekali sihir.

Seer
Istilah dari Peramal

Shaman
Temannya Dryad/Druid. Hanya saja, mereka fokus pada penguasaan roh sihir. Memanggil roh untuk menggunakan sihir itu seperti Voodoo...

Sorcerers / Sorcerer
Istilah keren lainnya untuk menyebut penyihir.

Iruhan's Edit : Sorceress / Sorcerer adalah istilah bagi penyihir yang mendapatkan sihir sejak lahir. I assume Elsa adalah Sorceress

Summoner
Summon, pemanggil, memanggil makhluk, roh, atau binatang untuk menjadi teman mereka saat bertarung. Kemampuan berkomunikasi dengan hal yang dipanggil menjadi kunci dari seorang summoner.

Warlock
Warlock, penyihir hitam, menggunakan sihir hitam untuk melakukan sihirnya.

Iruhan's Edit : Warlock adalah istilah bagi penyihir yang mendapatkan kekuatannya dari perjanjian; biasanya dari makhluk kegelapan.

Witch
Penyihir : khusus cewek. Istilahnya, buat penyihir cewek yang terkenal, gitu deh. Aku juga enggak ngerti apa bedanya selain khusus cewek. Kayaknya Cuma istilah lain, tapi... mereka meminta kekuatan jahat untuk menjadi penyihir. Simpelnya, banyak wanita pada jaman dulu dikubur hidup-hidup karena disangka Witch, padahal tidak. Sekarang, terserah kalian apa kalian ingin menggunakannya sebagai penyihir positif atau tidak.

Wizard
Banyak istilah lain dari Wizard : Great Mage/Sage, Wiseman, Master... dia adalah puncak dari penyihir. Dan SANGAT langka.

Iruhan's Edit: Wizard adalah istilah bagi penyihir yang mendapatkan kekuatannya dari belajar sungguh-sungguh.

Weapon User

Long-Range Weapon Users : Bow, Gun, Staff, ect.

-Archer (Pemanah)
Senjata : Panah (Bow), Longbow, Shortbow, Crossbow
1 senjata di tangan (Catatan bahwa panah membutuhkan 2 tangan untuk beraksi)
Archer, salah satu prajurit yang terlihat gagah... kenapa enggak? Maksudku, mereka keren dengan membunuh diam-diam seperti Assasin. Tapi sayangnya, Archer agak sulit bertempur seorang diri... benar, bukan? Kecuali kalau dia sangat... berbakat dan telah dilatih selama beberapa tahun.

-Hunter
Senjata : Pisau dan Panah
1 senjata di tangan, satu ditaruh di sabuknya.
Hunter atau pemburu menggunakan keahliannya dalam bertarung satu-lawan-satu, terutama di alam liar. Panah habis? Pakai pisau. Mereka semacam pelacak yang luar biasa dan karena kebiasaan mereka berkelana dari hutan-ke-hutan, mereka jarang ditemukan begitu saja. dengan apa yang diberikan alam, mereka bertahan. Biasanya mereka ditemukan pada Klan-klan pengelana di jaman perburuan.

-Magic User
Senjata: Tongkat sihir, kartu, buku sihir, ramuan, mantra, jampi-jampi, dsb.
Bisa membawa banyak senjata sekaligus dengan sihirnya.
Jangan tanya, aku sudah menjelaskan di atas! Mereka memiliki pilihan senjata paling banyak, keren bukan? Skip that. Mari kita melihat hal lain saja.

-Ranger
Senjata : Pedang, Panah, dan (kadang) Pisau
Biasanya membawa alat-alat bertahan di alam liar juga.
Ranger adalah sebuah KELOMPOK (bukan klan) pengelana di hutan dan bertugas melindungi hutan. Mereka berkelana dengan kuda, dan berteman baik dengan hewan... kalau tidak salah.

-Sniper
Senjata : Pistol (dalam bentuk apapun), Bow, Longbow, Shortbow, Crossbow
Biasanya tidak lebih dari 3. Bayangkan kalian sedang bermain game.
Siapa tak kenal sniper? Mereka lebih keren dari seorang pemanah karena tingkat keakuratan tembakan mereka. Mereka biasanya terkesan cool. Lagipula, siapa yang tidak suka dengan mereka? Oke, aku akan pergi ke kasus selanjutnya!


Middle Range Weapon Users : Spear, Longsword, Hammer, Axe, ect.

-Bandit
Senjata : Bebas, tapi biasanya senjata ringan
Perkerjaan : Merompak barang
The WORST class I ever know. Perkerjaan mereka merampok barang dari pengelana dan sebagainya. Tapi mereka sangat keren! Maksudku, mereka merampok dan pergi, dan bahagia, dan... keren. Kehidupan keras yang bisa dijadikan sebuah cerita yang bagus.

-Berseker
Senjata : Senjata berat
Tugas : Menghancurkan pertahanan lawan
Mereka kuat. Penghancur pertahanan yang menggunakan senjata berat untuk menaklukan lawan. Mereka menggunakan baju besi yang tidak begitu berat (untuk mengurangi berat dari senjata) dan menyerang membabi buta ke depan. Kurang lebih begitu...

-Defender
Senjata : Senjata satu tangan dan sebuah perisai
Tugas : Melindungi
Oke, kebalikan dari Berseker, Defender menggunakan baju besi yang berat guna mengatasi Berseker. Sayangnya, akibat dari beratnya pertahanan yang ia gunakan, gerakannya menjadi lebih lambat.

-Fencer
Senjata : Pedang anggar yang tipis, pisau untuk menangkis serangan (optional)
Gaya bertarung : Karena pedang anggar tipis dan cepat, para Fencer bisa menusuk di sela-sela baju besi. Tapi mereka tidak dapat menggunakan perisai yang berat karena akan menghalangi gerak mereka.
Paling populer! Enggak, deng. Mereka cepat dan sangat keren. Tapi sekali habek, mungkin mereka tidak bisa bertahan karena mereka mengandalkan kecepatan... Tapi tidak masalah! Mereka cepat! Tapi lemah... tapi cepat!

-Guardian
Senjata : Middle range – Bebas
Tugas : kurang lebih sama dengan Defender
Enggak ada yang harus kujelaskan disini. LANJUT!!

-Knight
Senjata : Middle range – Bebas
Tugas : melindungi raja/para pemerintah sebagai prajurit resmi.
Keterlaluan yang tidak tahu Knight. Main RPG sono! Knight bertugas sebagai pengawal resmi kerajaan yang luar biasa keren. Mereka dilatih oleh orang terbaik dan sangat luar biasa!! Oke, kita lanjutkan...

-Mage Knight
Senjata : Middle range Weapon dengan tambahan kekuatan sihir
Mereka penyihir... namun menggunakan senjata jarak dekat Instead of a Staff! Luar biasa, bukan? Mereka menebas dan melakukan sihir dengan satu senjata. Tentu saja, mereka tidak sebaik para Knight saat bertarung dan tidak sebaik Mage saat melakukan sihir. Tapi dia bisa melakukan keduanya dengan seimbang.

-Mercenary
Senjata : BEBAS dari A-Z
Mercenary adalah para saudagar (saudagar?) atau kelompok dagang yang berpetualang kemana-mana untuk berjualan. Masalahnya saat mereka berpetualang, mereka pasti bertarung dengan monster atau perompak yang berusaha mengambil barang dagangan mereka. So, pasti. Mereka juga tidak dapat diremehkan!

-Paladin
Senjata : Sebenarnya bebas, tapi kebanyakan dari paladin menggunakan sihir cahaya, pedang, tombak... dan satu perisai
Note : Paladin disebut juga sebagai prajurit suci.
Paladin! Ah, prajurit suci yang cakep minta ampun... aku jadi inget Seth dari Knight of Renais. Tidak, dia bukan Knight, paladin. Tapi cakepnya itu, loooh.... kok aku jadi curhat, sih? lanjut!

-Recruit
Senjata : Bebas, sumpah.
Mereka baru direkrut menjadi prajurit... lalu apa? Mereka masih unyu-unyu dan belum bisa bertarung dengan baik, kenapa kamu memintaku untuk menjelaskannya padamu?

-Soldier
Senjata : Bebas
Soldier, atau prajurit, adalah bawahan Knight yang bertugas melindungi kerajaan dari mara + bahaya dari luar dan dalam. Mereka dilatih oleh sang Knight itu sendiri. Yah, tidak buruk. Siapa tahu suatu hari sang Soldier ini menjadi seorang Knight baru! Tapi... Hei, siapa mara? Kenapa dia bahaya? Gua koslet gara-gara kalian! Lanjutkan!!

-Survivor
Note : Entah ini nama class atau bukan...

-Warrior
Petarung senjata paling klasik. Semua orang bisa disebut warrior, kan? Semua orang bersenjata yang mulai veteran adalah Warrior!! (Sejak kapan? Peraturan dari mana, tuh?)


Short Range Weapon Users : Knife, Fist, ect

-Assasin
Senjata : Semua senjata kecil dan tidak berisik untuk membunuh diam-diam.
Kriteria : Membunuh di kegelapan, bersatu dengan bayangan, dan tanpa meninggalkan bekas apapun.
Sounds great. Aku yakin ini adalah salah satu yang populer digunakan di cerita. Assasin... ASSASIN CREEEED!! Wooohooo!! (Virus Game mulai lebok)
Tapi satu hal yang perlu diperhatikan : assasin menggunakan baju gelap yang membuat dia bisa bersatu dengan kegelapan. Kenapa Assasin Creed menggunakan baju putih kemana-mana? Entah. Tapi demi ke-realisme-an, jangan membuat asssasin-mu menggunakan baju pink berenda dan mahkota nge-jreng. (Idih)

-Monk
Tukang pukul-pukulan. Ahli beladiri. Seseorang yang TIDAK membutuhkan senjata untuk bertarung. Kebanyakan dari mereka tidak melibatkan diri dan kabur saat ada masalah. Tapi sebenarnya, mereka tidak ingin menyakiti siapapun. Mereka bertarung jika terdesak, kok. Hasilnya? Luar biasa MENGERIKAN!!


Other Weapons :

-Dancer
Senjata : Whip (pecutan), Chakram (Sejenis Shuriken besar), Selendang, atau bela diri
Saat mereka bertarung, mereka seakan-akan menari... merekalah Dancer! Ada banyak jenis dan versi bagi seorang Dancer. Di sebuah game, mereka men-support anggota tim supaya kekuatan mereka bertambah. Di Game lainnya, tarian seorang dancer bisa menyembuhkan Status Alliments. Versi favoritku adalah Dancer yang seakan menari di antara musuh saat bertarung (Jenisnya Diao-Chan di Dynasty Warriors).
Lemah, tapi kuat. Itulah mereka!

-Ninja
Senjata : Kunai, Shuriken, dsb. Tonton Naruto untuk keterangan lebih lanjut.

-Bard
Senjata : Alat musik dan Suara nyanyian
Mereka teman dari Dancer... Tapi lebih keren! Kalau salah satu versi dari Dancer adalah men-support teman, maka Bard bertugas melemahkan musuh dengan lagu kematiannya! Versi lainnya adalah sebagai seorang petarung dengan senjata yang mirip alat musik (macamnya Brooke di One Piece). Versi lainnya yang jauh lebih keren adalah alat musik yang berfungsi sebagai senjata. Orang seakan gila saat mendengar musik yang dinyanyikan...



TAMBAHAN DARI PARA BLOG READER

________________________________________________________
Thanks To : Gilganime [Beritahu aku kalau aku punya permission mencantumkan blog-mu]

-Thief/Rogue
Senjata : Pisau, Panah, senjata ringan, dll
Thief atau Rogue (mari kita samakan saja karena pada dasarnya, hampir mirip) adalah sepupu dari Bandit. Mereka mencuri, dan lihai dalam melarikan diri. Menurutku, Thief atau Rogue adalah gabungan dari Bandit+Assasin (50/50).

Dalam beberapa game, kamu bisa mengubah Thief menjadi Rogue (sehingga kupikir Rogue itu lebih tinggi), dan mereka berbeda dengan Bandit.


Another extra came from M. Jhordy

-Samurai
Senjata: Katana (spesifically, those japanesuh weapon)
Samurai originally terdapat di Jepang. Dalam sejarah, Samurai adalah orang yang menjaga lahan dari bandit dan sebagai gantinya, orang-orang dan petani bayar ke dia karena sudah membuat daerah aman, nyaman, damai dan tentram. (CMIIW) Meskipun sering digunakan sebagai Class di RPG, sejarah Samurai sendiri bisa dijadikan sesuatu yang lebih 'wah' ketimbang sebatas class saja.
_______________________________________________________

Other Class I forget to mention? Please Comment bellow, and Happy Imaginary Writing!

Komentar

  1. wkwk... aku jadi inget sama job di ff ix dan ff tactic yang lumayan banyak xD.

    tapi, sedikit komen dariku. untuk beberapa class ada yang tugas dan kekuatannya sama tapi hanya dibedakan dengan gender. itu agak membuat pemula sedikit bingung (bahkan aku sendiri ga terlalu ngerti sama bedanya cleric, healer, priest. aku lebih kenal kalau tugas cleric, healer, dan priest itu jadi satu). dan ada beberapa class yang hanya beda nama namun sebenarnya memiliki kekuatan yang sama.

    maaf kalau aku terlalu sok-tahu ;>

    BalasHapus
    Balasan
    1. O_o... Confusing, right? Nanti aku cari tahu lagi... Terutama soal tiga healer itu. Aku baru sadar aku nulis tiga-tiganya... tanpa cara membedakannya. Oke, terima kasih sudah menolong!

      Hapus
  2. Saya pernah dengar class bishop, padahal pas saya lihat2 lagi ternyata enggak begitu jauh dengan cleric, healer atau priest, apa mungkin bishop kelas tertinggi dari priest?
    Lalu untuk bandit mungkin lebih umum disebutnya thief atau rogue :D.

    oh iya, bisa saya minta penjelasan lebih rinci tentang dark mage dan black mage? Keduanya hampir sama menurut saya karena sama2 menggunakan tipe sihir hitam atau menggunakan elemen kegelapan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak orang (lebih tepatnya game) bilang gitu. Bishop lebih tinggi dari Priest (menurut Fire Emblem : Sacred Stones). Tapi ini hanya referensi. Kamu juga bisa mengubah susunannya! Seperti : Priest lebih rendah dari Bishop dan Bishop lebih rendah dari Templar dan Templar lebih rendah dari Wyvern Knight.

      Ada class bandit, kok. Tapi terima kasih soal Thief dan Rogue! Akan kumasukkan ke dalam list supaya lebih lengkap lagi.

      Soal Dark Mage dan Black Mage : Sebenarnya hanya berbeda 'dari mana kamu dapat idenya'. Apa dari Final Fantasy atau dari Fire Emblem. Tapi versi lainnya menyatakan bahwa Dark Mage menggunakan Dark saja. Sedangkan Black mage bisa menggunakan sihir Dark + Anima juga.

      Tapi ini semua hanya sekedar nama. Apalah artinya jika kamu menulis novel? Mengutak-atik satu atau dua hal bisa membuatmu unik.

      Hapus
    2. wah, saya malah baru dengar Wyvern Knight, mungkin kalo templar agak terbayang sosok Paladin di kepala saya ahahaha...

      ok sama2 senang bisa membantu.

      hmm lebih komplit black mage ya, btw thanks dah balas komentar saya.

      wah untuk soal menulis novel saya belum punya pengalaman, walaupun kadang tertarik mau buat cerita dari imajinasi saya yang kebanyakan dapetnya dari nonton anime dan beberapa game. tp bingung untuk memulai nya hahaha.

      Hapus
  3. Hei, Rohaluss.. Aku suka postinganmu yang satu ini! Referensi banget! Aku jadi tertarik pengen munculin karakter lain berdasarkan referensi di sini... Makasih untuk infonya, yaa.. (dan untuk temanmu yang sepertinya ikut membantu XD)

    BalasHapus
  4. Apa bedanya mancer sama elementalist? Aku butuh penjelasan untuk menjelaskan karakter di naskah fantasiku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mancer = pengendali.

      Kalau pengendali mayat disebut Necromancer. Pengendali api disebut Pyromancer. Pengendali laba laba bisa jadi Aracnemancer. Pake nama latin.

      Elementalist = pengendali element. Bukan mayat, bukan binatang, bukan apapun, tapi elemen secara terbatas / keseluruhan tergantung penulis maunya apa.

      Semoga membantu, Naurah~~

      Hapus
  5. pengendali hatimu bahasa latinnya ap---- /stop it./

    <--- gatau mau komen apa. cuman mau berterima kasih atas rekomendasinya sempay :v XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cardiamancer. Cardiac = heart = jantung. You are welcome

      Sama-sama, wahai Kouhai-ku tercintah :v

      Hapus
  6. Wow.Thank you<3 Those are very useful info xD
    Btw you should read the adaption novel of assasin creed~ have you? Thats kinda amazing thou:3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama, wahai cewek biasa-biasa. Saya senang bisa membantu.

      Ngomong-ngomong, Aku lumayan benci adaption novel. Atau karena aku lebih suka membaca cerita manis berbumbu horror dan fantasy?

      Entahlah, biar saya pikir-pikir lagi. Kayaknya sih seru...

      Hapus
  7. Thank buat artikelnya, itu bermanfaat. soalnya saya baru mau buat cerita fantasy :D

    BalasHapus
  8. thanks banget alia XD sangat membantu, btw samurai ga masuk ya?? kenapa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaa kalau aku boleh ngasih saran, coba di deskripsi masing2 jobclass buat kemampuan umum dan kelemahannya

      Hapus
    2. Walah, kalau kemampuan umum sih udah ditulis di masing-masing. Dan kelemahan itu terlalu menjurus ke RPG. Kalaupun kamu mau nulis tentang RPG, saya gak mau membatasi penulis dengan kalimat seperti : "Healer itu lemah dan harus dilindungi". No. Gunakan imajinasi dan kemampuan kalian untuk menciptakan kelebihan dan kekurangan masing-masing class di dunia kalian! Itu lebih baik!

      Hapus
    3. wahahaa okedeehh thanks saranya :v

      Hapus
  9. Hmmm... yang aku tau assassin itu berpakaian terdantung cultur budaya di tempat mereka berada al... contoh:
    Altair-assassin's creed zaman perang salib, dia berbaju abu2 dan bertudung. Dan bajunya tampak seperti mengelana biasa, jadi bisa berbaur.

    Ezio-assassin's creed setelah dark age di italia. Baju dia abu2 dan seperti bangsawan pada umumnya. Mungkin hanya berbeda di tudung.

    Dan assassin setelahnya pun begitu, mengikuti cultur dan budaya yg ada. Shao jun asaassin cina bajunya hitam ko... ^^

    Twin frye juga bajunya hitam... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya meskipun aku menunjukkan Assassin Creed sebagai contoh, aku gak begitu menyarankan kalian ambil referensi dari game sih

      And thank you for that obvious information

      Hapus
  10. Yaa ini mnurut aku sih yaa... krena 'class Assassin' ini tugasnya kebanyakan membunuh tanpa diketahui, mengintai dll (mungkin seperti tugasnya BIN), intinya dia ga boleh high profile... klo orang2 d sekitar mreka berpakaian seperti ini/itu trus dia berpakaian berbeda kan bakal d curigai. Jdi berbaur aja... :-) gtu sih mnurut aku... ^^
    Tpi kembali lagi ke 'imajinasi'nya gimana mengenai assassin itu... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Heh, yang satu ini lebih jelas dan lebih terus terang.

      GINI KEK DARI TADI :v SETUJU DEH SAMA KAMU

      Hapus
  11. Hehe... maap... ^^ aku penggemar berat assassin's creed soalnya... ^^

    BalasHapus
  12. gomawo infonya ,, izin copas yaaa ,, hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asal jangan direpost di blog kamu deh <3

      sama-sama cantik, senang bisa membantu!

      Hapus
  13. Tambah Class
    BEAST MASTER
    senjata:Bebas, Cenderung Senjata Ringan Terutama Cambuk
    Kelas ini Bertarung Bersama Hewan yang telah dijinak-kan yang disebut Pet(artinya Hewan Peliharaan. Tapi, Hewan Liar yang dijinakkan juga Disebut Pet[Warning:Jangan coba-coba menirunya]aneh XD)

    BalasHapus
  14. Ah demen banget ama blognya kak ane juga sering pake class apalagi sparda sama druid paling suka dua class itu. satunya pemegang pistol dan pedang satunya punya sihir buat berubah jadi hewan

    BalasHapus
  15. rohaluss bisa minta tolong??

    1. jelaskan perbedaan lebih detail antara
    a. paladin-gladiator
    b. bishop-cleric
    c. witch-wizard

    udah kaya soal ujian beranak2 pertanyaanya :v
    tolong yaaa

    btw, gladiator sama bishop belum ada diatas tuh

    makasih rohalusss XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. oohh yaa kalau apprentice,, setau aku itutuh artinya percobaan,, kalau kamu blg nya dia masih belajar benar,, tapi kalau penyihir yang masih belajar salah,,

      apprentice menurutku semua character dalam masa percobaan/pembelajaran untuk job yang diinginkanya,,

      kaya apprentice mage berarti dia sedang dalam masa belajar untuk jadi mage

      maaf kalau salah,cuma berbagi pendapat XI

      Hapus
    2. Saya sih gak suka ngebatasin, sih. Thank you aja infonya.

      Paladin : Devoted for religion, tipe petarung yang punya harga diri dan kehormatan agama/ pemimpinnya (raja/ratunya)

      Gladiator : Devoted for ego, tipe petarung yang punya harga diri dan mencari kekuatan untuk dirinya sendiri.

      Bishop: Pendeta, basicly dia juga nge-banish hantu kalau memang diperlukan

      Cleric: Suster, lebih mendalami ilmu pengobatan daripada pengusiran makhluk halus

      Witch: Biasanya ini sebutan untuk penyihir wanita. Di jaman eropa abad kegelapan, wanita macam ini dibakar hidup-hidup untuk 'disucikan'.

      Wizard: Seorang penyihir yang mendapatkan ilmu dan kekuatan dari ketekunan belajar

      Hapus
    3. makasih masukannya..

      btw aku udh berhasil ngebuat cerita XD
      dan baru prolog sama chapter 1 :v wkwkwk
      mau ga rohaluss kasih komentar yang baru aku buat??
      minta emailnya dong biar bisa aku kirim o.O

      kalau boleh sih,ga maksa kookk
      hehee makasih rohalusss

      Hapus
    4. Lha, asa saya sudah pasang email saya di About Author, deh

      ...oh, di About Author di Rohie's Journal

      aliarohaluss@gmail.com

      Hapus
    5. Check your inbox! Saya akan delete komentar ini setelah kamu respon, biar gak berantakan!

      Maaf agak kasar :v

      Hapus
  16. Sip dah. Kebetulan banget lagi nyarinyari class beginian. Sankyuu senpai :3

    BalasHapus
  17. wah makasih ya kak.jadi terbantu deh bikin cerita

    BalasHapus
  18. Wih.. Makasih banget informasinya membantu banget :)

    BalasHapus
  19. Necro dan Mancer dari bahasa apa? Ko aku terjemahin ga ada ya?

    BalasHapus
  20. Cleric itu bukannya healer semi figter gtu ya? Bisa ngetank heal ngefight debuff buff tp mirip paladin pakai ajaran suci. Ada jg Gunner ahli nembak.

    Time mage - penyihir waktu
    Morpher - si tukang ganti2 wujud

    BalasHapus
  21. Apakah beda Exorcism dan Bishop ?? (mungkin sama-sama pengguna laki-laki XD).

    Tambahin Monk petarung tangan kosong penguna qi, Clown peniru class, Marionette pengendali boneka, Scout pengintai (mungkin sama kyk Ninja atau Assassin).

    Walau cuma pendukung msukin nih Smith pembuat senjata, d fantasi kbnykn dwarf, Runemaster pembuat array, biasanya d pasang pada senjata yg telah selesai d buat.

    BalasHapus
  22. Gw lagi nyari2 julukan yang keren buat di jadiin nick game moba.. kebetulan nemu blog in, hehe.. :V

    BalasHapus
  23. untung aja ada blog ini,bingung nyari nama buat job di novel

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer